digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Surya Andriansyah Mustafa
PUBLIC Alice Diniarti

Penanganan Settlement menjadi tantangan tersendiri dalam pekerjaan proyek Pembangunan Runway ke 3 Bandara Soekarno Hatta untuk mencapai target penyelesaian yang direncanakan. Sementara itu pertumbuhan demand destinasi airlines yang cukup banyak jumlahnya yang belum dapat terakomodir. Settlement akan terjadi jika suatu lapisan tanah mengalami beban tambahan (surcharge) lebih besar daripada beban rencana (design load) pada selang waktu yang sama. Settlement juga dipengaruhi oleh sebaran tanah lunak atau lempung yang terdapat di bawah permukaan pada dataran aluvial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi metode DCM (deep cement mixing) sebagai alternatif perbaikan tanah yang bisa mengatasi masalah settlement dengan mengetahui perilaku penurunan tanah menggunakan tipe perkuatan tanah DCM dengan beberapa model studi. Hasil studi yang akan ditinjau adalah penurunan tanah dengan beberapa variasi pemodelan dan serta mekanisme transfer beban yang terjadi dengan level pembebanan tertentu. Dengan ruang lingkup Perhitungan hasil permodelan besarnya settlement dibatasi dengan metode DCM