Pangsa pasar layanan transportasi online menunjukkan tren peningkatan di kawasan
Asia Tenggara khususnya negara Indonesia. Penelitian telah banyak dilakukan
untuk mengkaji faktor-faktor pendapaan driver ojek online namun belum ada
penelitian lanjut terkait faktor pendapatan dari sisi karakteristik akun driver pada
sistem aplikasi. Gojek sebagai salah satu pihak aplikator ojek online memiliki
sistem khusus yang berbeda dengan ojek konvensional dengan adanya sistem untuk
mengatur dan menyebarkan orderan dari penumpang kepada driver. Dalam
penelitian ini, dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan
driver ojek online dari sisi karakteristik akun driver seperti level rank, emblem
pencapaian pada akun serta pengalaman driver berupa lama kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data
melalui teknik non probability sampling dengan jenis sampling insidental.
Dilakukan uji korelasi dan pemodelan regresi linear berganda dengan stepwise I
untuk mendapatkan model terbaik dari berbagai alternatif model. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat kelompok yang mendapatkan prioritas order pada
level rank yang sama. Jumlah order dan rank driver sangat mempengaruhi tingkat
pendapatan driver baik secara simultan dan parsial. Didapatkan model regresi untuk
kelompok driver rank normal dengan R square (R2) sebesar 0.846 r dan kelompok
driver rank prioritas sebesar R square (R2) sebesar 0.428.