digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alif Lutfia Masduqi
PUBLIC Alice Diniarti

Pangsa pasar layanan transportasi online menunjukkan tren peningkatan di kawasan Asia Tenggara khususnya negara Indonesia. Penelitian telah banyak dilakukan untuk mengkaji faktor-faktor pendapaan driver ojek online namun belum ada penelitian lanjut terkait faktor pendapatan dari sisi karakteristik akun driver pada sistem aplikasi. Gojek sebagai salah satu pihak aplikator ojek online memiliki sistem khusus yang berbeda dengan ojek konvensional dengan adanya sistem untuk mengatur dan menyebarkan orderan dari penumpang kepada driver. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan driver ojek online dari sisi karakteristik akun driver seperti level rank, emblem pencapaian pada akun serta pengalaman driver berupa lama kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data melalui teknik non probability sampling dengan jenis sampling insidental. Dilakukan uji korelasi dan pemodelan regresi linear berganda dengan stepwise I untuk mendapatkan model terbaik dari berbagai alternatif model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelompok yang mendapatkan prioritas order pada level rank yang sama. Jumlah order dan rank driver sangat mempengaruhi tingkat pendapatan driver baik secara simultan dan parsial. Didapatkan model regresi untuk kelompok driver rank normal dengan R square (R2) sebesar 0.846 r dan kelompok driver rank prioritas sebesar R square (R2) sebesar 0.428.