digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Khrisna Aditya Yudha
PUBLIC Alice Diniarti

Pada Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 memiliki kontur yang berbukit dan pekerjaan konstruksi dilaksanakan menggunakan metode open cut. Untuk mencapai Finish Grade (FG) Jalan Tol Pada STA 15+425 sd 15+700, dilakukan penggalian dengan rencana ketinggian lereng galian mencapai 40 meter sehingga harus dilakukan analisa stabilitas lereng dengan rekomendasi proteksi lereng yang tepat maupun melakukan pelandaian bentuk lereng untuk menjaga stabilitas lereng galian. Beberapa alternatif proteksi lereng yang akan dievaluasi diantaranya menggunakan Shotcrete dengan wiremesh, serta Matras Perkuatan Tipe III Geomat HDPE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kestabillan lereng galian dan mengevaluasi kinerja proteksi lereng galian, terbatas pada 2 (dua) alternatif proteksi lereng dari aspek biaya, waktu pelaksanaan, kemudahan pelaksanaan serta keamanan lereng. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan evaluasi terhadap usulan proteksi lereng, sehingga didapatkan proteksi lereng galian yang lebih efisien, lebih cepat dan juga keamanan dari lereng galian dalam tersebut dapat terjamin selama jalan tol beroperasi.