digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP ANGGIA IRMADELA 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

COVER Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 1 Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 2 Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 3 Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 4 Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 5 Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

PUSTAKA Anggia Irmadela
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kegiatan belajar sambil bermain merupakan hal yang menyenangkan bagi seorang anak. Pada metode belajar sambil bermain, pengunaan alat bantu belajar merupakan hal yang penting. Penelitian ini mengkaji desain alat bantu belajar pada metode Montessori di jenjang pendidikan anak usia pra-sekolah terhadap perkembangan keterampilan sosio-emosional anak. Penggunaan alat bantu belajar memiliki pengaruh pada efektivitas penerimaan materi dalam meningkatkan keterampilan sosio-emosional anak usia pra-sekolah. Dilakukan penelitian dengan tahapan observasi, pembagian kuesioner, dan wawancara untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat bantu belajar Montessori untuk mendukung perkembangan sosio-emosional dan efektivitas penyerapan materi belajar bagi anak usia pra-sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan kriteria desain pada alat bantu belajar yang dapat memberikan rangsangan sosio-emosional pada anak usia pra–sekolah, menjadi pertimbangan bagi orang tua dan instansi pendidikan memilih alat bantu belajar anak yang tepat, sekaligus sebagai acuan bagi industri mainan dengan pendekatan pendidikan melakukan pengembangan terhadap produk