Article Details

PERANCANGAN INTERAKSI APLIKASI MOBILE EDUNEX SEBAGAI PLATFORM PENDUKUNG KEGIATAN AKADEMIK MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN

Oleh   Ayutari Dian Putri [18218012]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prof. Yusep Rosmansyah, S.T., M.Sc., Ph.D.;Dicky Prima Satya, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sistem dan Teknologi Informasi
Fakultas : Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Subjek :
Kata Kunci : desain interaksi, pengalaman pengguna, interaksi manusia komputer, user- centered design, learning management system, mobile learning management system
Sumber :
Staf Input/Edit : Dessy Rondang Monaomi  
File : 0 file
Tanggal Input : 21 Sep 2022

Tidak ada file


Pada tahun 2022, ITB mulai mengadakan pembelajaran bauran, mahasiswa yang belajar secara luring diminta membawa smartphone untuk meningkatkan interaktivitas perkuliahan dan meningkatkan pemahaman materi. Namun, permasalahan yang dihadapi adalah belum tersedia media untuk meningkatkan interaktivitas pada kegiatan belajar mengajar di ITB. Oleh karena itu, tugas akhir ini merancang interaksi aplikasi Edunex untuk mahasiswa pada platform mobile native berupa high-fidelity prototype yang siap diimplementasi oleh pengembang. Berdasarkan wawancara dengan Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB, fitur yang perlu dirancang adalah fitur Classroom Response System yang digunakan untuk voting, ujian atau kuis, akses course, presensi, pesan, dan notifikasi. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan user-centered design. Pada awal proses, dilakukan wawancara terhadap pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka. Kemudian, didefinisikan daftar kebutuhan serta user experience dan usability goals yang menjadi fokus pengerjaan tugas akhir, yaitu effective to use, easy to learn, helpful, dan satisfying. Selanjutnya, dibuat rancangan medium-fidelity prototype dan dievaluasi dengan moderated usability testing ke 5 orang pengguna. Hasil evaluasi diperbaiki dan dibuat rancangan high- fidelity prototype. Rancangan high-fidelity prototype dievaluasi dengan cara unmoderated usability testing kepada 20 orang pengguna. Hasil rancangan akhir berhasil mencapai 95,6% completion rate, 5,906 rata-rata nilai SEQ, 5,55 rata-rata nilai IMI subskala value/usefulness, dan 74,25 rata-rata nilai SUS.