digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Valdo Pratama
PUBLIC Alice Diniarti

Struktur sandwich komposit (secara relatif merupakan inti tebal yang disisipkan di antara dua pelat muka komposit laminasi tipis) telah digunakan untuk membuat komponen penting dalam struktur pesawat, misal. aileron, nacelles, dll. Karena komponen ini rentan terhadap benturan kecepatan rendah atau tinggi karena jatuhnya perkakas dan peralatan, serpihan landasan pacu, atau serangan burung, metode untuk meningkatkan ketahanan terhadap kerusakan akibat benturan sangat diperlukan. Metode terbaru meliputi penggantian inti honeycomb klasik dengan inti auxetic, yaitu inti yang memiliki Negative Poisson's Ratio (NPR). Ditemukan bahwa di bawah pembebanan impak, inti auxetic menghasilkan fenomena “densifikasi” yang efektif, dan dengan demikian menghasilkan fenomena dan kemampuan untuk melokalisasi kerusakan. Namun, mekanisme densifikasi inti dan fenomena kerusakan lokal pada struktur sandwich sebagian besar belum diketahui, dan dimana tingkat disipasi kerusakan yang dikendalikan oleh berbagai parameter geometris atau sifat mekanik inti dan pelat mukanya cukup kompleks dan beragam. Selain itu, pengetahuan yang lebih mendasar dalam memodelkan struktur sandwich dengan inti heterogen secara strategis, yaitu inti auxetic, juga diinginkan untuk mendapatkan pengetahuan modular ketika penelitian yang membutuhkan struktur sandwich dengan inti heterogen akan dilakukan bisa dengan mudah mengimplementasikan pengetahuan ini. Dari hasil yang kami peroleh, sebagai permulaan, kami dapat memiliki dasar pengetahuan tentang pemodelan strategis untuk model numerik dan mensimulasikan struktur sandwich dengan inti yang heterogen. Selain itu, fenomena yang seharusnya terjadi di teras heterogen auxetic, seperti densifikasi inti dan kerusakan lokal saat terkena beban impak, dapat dilihat dalam pekerjaan kami.