ABSTRAK Helena Oktaviani
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pasar industri telekomunikasi Indonesia terus berkembang terutama karena adanya
peningkatan penggunaan internet di Indonesia. Pertumbuhan demand pasar ini
juga diikuti dengan pertumbuhan pemain dalam industri telekomunikasi
Indonesia. X adalah produk baru di dalam industri telekomunikasi Indonesia.
Memasuki industri dengan pemain yang sudah banyak tentunya akan menjadi
tantangan tersendiri bagi X. Dari awal berdirinya sampai tahun ini, X terus
mengalami pertumbuhan dalam jumlah pelanggannya dengan cukup signifikan.
Namun, retention rate dari pelanggannya sebagai metric untuk mengukur
pelanggan yang melakukan pembelian kembali bernilai cukup rendah dan
cenderung terus menurun dari waktu ke waktu. Hal ini juga terjadi dalam retention
rate aplikasi X. Maka, perlu dirancang strategi retensi pelanggan X untuk segmen
generasi Z yang bisa meningkatkan tingkat retensi X dengan mengeksplorasi
situasi dan pemikiran pelanggannya, merancang strategi retensi yang berdampak
dan bisa diimplementasi, serta menguji prototipenya. Penelitian diawali dengan
melakukan riset pasar eksplorasi dengan metode kualitatif in-depth interview yang
diolah menggunakan analisis tematik. Kemudian, dirancang strategi pemasaran
menggunakan 4P marketing mix dan marketing funnel yang selanjutnya strategi
retensi dipilih menggunakan skor ICE. Strategi retensi yang terpilih, yaitu
psychological pricing dibuat prototipenya pada aplikasi maupun in-app asset X
dan diujikan secara sampling dengan kuesioner serta A/B testing karena diperoleh
bahwa harga adalah faktor yang sangat memengaruhi pelanggan dalam melakukan
pembelian kembali dan pelanggan saat ini sudah mulai merasa harga X tidak
semurah dulu. Maka, berdasarkan pengujian prototipenya, diperoleh bahwa decoy
effect pada rekomendasi paket di landing page dapat mendorong pelanggan untuk
membeli paket yang diinginkan oleh X dan diharapkan dapat meningkatkan
tingkat retensi X.