digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Reyhan Xhavier Makabbie Amir
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Flick.id merupakan perusahaan start up teknologi finansial yang mencoba menawarkan pengalaman finansial yang mudah, cepat, dan aman di Indonesia melalui produk point of sales. Flick.id baru saja mendapatkan suntikan dana dari salah satu investornya. Hal ini menyebakan Flick.id dituntut oleh investornya untuk mengembangkan berbagai produk baru dan memperluas lini produk yang akan ditawarkan. Flick.id berencana untuk mengembangkan sistem informasi dashboard untuk meningkatkan performa dan mendukung pemilihan keputusannya dan Flick.id membutuhkan metodologi perancangan sistem informasi dashboard yang dapat menyesuaikan dengan berbagai permasalahan mendatang. Saat ini persaingan bisnis point of sales semakin ketat akibat berbagai perusahan besar mulai mengembangkan produk point of sales. Untuk dapat tetap bersaing dengan kompetitor-kompetitornya di masa ini dan di masa mendatang Flick.id berencana mengeksploitasi kelebihannya dalam kedekatan dengan pelanggan. Oleh karena itu akan dibangun metodologi, indikator informasi, dan prototipe dashboard pengelolaan pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan Flick.id. Solusi yang dihasilkan adalah metodologi perancangan sistem informasi, dengan karakteristik metodologi penelitian top-down, usage-centered, dan menggunakan prototipe. Rekomendasi metodologi disintensis menggunakan dasar metodologi Gupea dan dengan gabungan metodologi-metodologi perancangan lain yang telah diidentifikasi. Dengan lima tahapan yang terdiri dari requirement elication, dashboard type selection, perancangan & evaluasi prototipe, evaluasi, dan pemeliharaan berkala. Direkomendasikan kebutuhan informasi pemantauan bisnis yang dibutuhkan untuk dipantau oleh Flick.id sebanyak tiga belas metrik pengelolaan pelanggan. Prototipe aplikasi dirancang sebagai dasar pengembangan dengan memili lima halaman yang didalamnya terdapat fitur identifikasi tren dan identifikasi korelasi. Kata kunci: perancangan dasbor, sistem informasi, pengelolaan pelanggan, prototipe. xiii ABSTRACT Flick.id is a financial technology start-up company that tries to offer an easy, fast, and secure financial experience in Indonesia through point of sales products. Recently, Flick.id has just received an injection of funds by one of its investors. This caused Flick.id to be demanded by its investors to develop various new products and expand product lines. Flick.id plans to develop a dashboard information system to improve its performance and support its decision making. Flick.id also requires a dashboard information system design methodology that able to adapt towards various future problems. Nowadays, point of sales business competition is getting tighter due to various large companies starting to develop point of sales products. In order to remain competitive with its competitors at present and in the future, Flick.id plans to exploit its advantages in proximity to customers. Therefore, methodologies, information indicators, and prototypes of customer management dashboards will be built according to Flick.id's needs. The recommendation solution is adesign methodology is a methodology that uses the characteristics of top-down, usage-centered, and uses a prototype. Methodological recommendations were synthesized on the basis of the Gupea methodology and in combination with the other design methodologies identified. With five stages consisting of requirement elication, dashboard type selection, prototype design & evaluation, evaluation, and periodic maintenance. It is recommended that thirteen customer management metrics need to be monitored by Flick.id for business monitoring information. The prototype is designed as the basis for application development by selecting five pages in which there are features such as trend identification and correlation identification.