Article Details

PENGAMBILAN KEPUTUSAN PELANGGAN PADA JASA PENCUCIAN MOBIL: STUDI KASUS SINAR PAGI AUTO SERVICES

Oleh   Faishal Aulia Darmawan [29119211]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Nita Garnida, S.Si., M.M.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Subjek : General management
Kata Kunci : Pengambilan Keputusan Pelanggan, Marketing Mix, Jasa Pencucian Mobil.
Sumber : Sinar Pagi Auto Services
Staf Input/Edit : Neng Kartika   Neng Kartika
File : 1 file
Tanggal Input : 19 Sep 2022

Mobil merupakan simbol kesuksesan bagi masyarakat di beberapa negara. Jumlah mobil di Indonesia terus bertambah seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Persaingan yang ketat membuat pendapatan Sinar Pagi Auto Services berfluktuasi dan berakhir pada tahun 2020 turun ke titik terendah sepanjang masa. Meski demikian, jumlah mobil di Kota Payakumbuh yang masih terus meningkat dari tahun ke tahun menunjukkan pasar industri perawatan mobil seperti jasa cuci mobil masih potensial untuk dikembangkan. Proses pengambilan keputusan konsumen dapat dimanfaatkan sebagai masukan bagi manajemen untuk mengambil keputusan yang lebih baik. Marketing mix merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah; pertama, untuk mengetahui sejauh mana faktor marketing mix dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa cuci mobil; dan kedua, mengembangkan strategi pemasaran yang tepat sebagai upaya meningkatkan penjualan Sinar Pagi Auto Services. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang lingkungan internal dan eksternal, penelitian ini menggunakan kerangka lima kekuatan PEST dan Porter, dan analisis pesaing untuk analisis eksternal: dan STP, marketing mix 7P, dan VRIO untuk analisis internal. Kemudian dilakukan survei besar-besaran terhadap 247 responden untuk menilai perilaku konsumen. Akibatnya, faktor marketing mix seperti proses, produk, dan partisipan menjadi variabel yang signifikan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Berdasarkan semua hasil analisis, teridentifikasi akar permasalahan Sinar Pagi yaitu promosi, proses, produk, dan participant. Oleh karena itu, penulis alternatif solusi untuk masalah tersebut, yaitu, iklan Facebook, penampilan dan iklan Instagram, tampilan situs web, optimisasi mesin pencari, adaptasi pembayaran digital, pelatihan komunikasi penjualan, bonus pelanggan baru. Rencana implementasi dikembangkan lebih lanjut sedemikian rupa sehingga solusi yang diusulkan dapat meningkatkan penjualan Sinar Pagi Auto Services.