digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Michael Wong
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan produkproduk berbasis kimia yang telah berdiri sejak 1977. Dalam menjalankan proses penjualannya, PT X memiliki divisi sales and marketing yang memiliki tugas untuk melakukan proses penjualan. Akan tetapi, manajer dari divisi sales and marketing memiliki kesulitan dalam pengambilan insight berdasarkan hasil penjualan yang lakukan. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan manajer dalam pengembangan sistem yang dapat menunjang pengambilan insight seperti dashboard. Selain karena kurangnya kemampuan sumber daya manusia, kesulitan tersebut juga terjadi dikarenakan metode pengembangan dashboard yang berbedabeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berdasarkan dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode perancangan dashboard yang sesuai untuk PT X. Perancangan dashboard ini dilakukan dengan mencari dan menggabungkan metode yang cocok untuk memenuhi kebutuhan dari PT X. Pada penelitian ini, terdapat 6 metode yang akan digunakan sebagai dasar perbandingan dan pengembangan. Berdasarkan hasil identifikasi kesesuaian dengan kondisi perusahaan, diperoleh 3 metode yang dapat digunakan sebagai dasar untuk perancangan dashboard dalam PT X. Metode tersebut adalah metode Noetix, metode Turban dan metode User- Centric. Metode ini digabungkan untuk memenuhi kebutuhan dari PT X dalam perancangan dashboard dan sesuai dengan keadaan dari divisi sales and marketing. Perancangan prototipe dashboard dilakukan menggunakan Microsoft Excel VBA dan memiliki 3 fokus utama, yaitu customer, produk, dan salesman.