digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pengalaman dan persepsi pasien memiliki peranan penting dalam sebuah praktik dokter gigi, karena hal tersebut menjadi penentu perilaku pasien di lingkungan praktik dokter gigi. Emotional branding merupakan salah satu cara untuk membangun ikatan emosional dan memberikan pengalaman bagi konsumen sebuah brand yang didasari oleh empat konsep dasar yang disebut four pillars of emotional branding diantaranya adalah hubungan, pengalaman pancaindra, imajinasi dan visi. Bagi sebuah brand klinik gigi, emotional branding dapat dimanfaatkan untuk membangun ikatan emosional dan menyediakan pengalaman yang baik serta konsisten dengan brand klinik gigi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penerapan emotional branding dapat membentuk pengalaman pasien terhadap klinik gigi. Klinik Bandung Dental Center dipilih sebagai objek kajian. Penelitian ini dilakukan degan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan prinsip qualitaive content analysis untuk mengetahui penerapan konsep four pillars of emotional branding yang ada pada aktifitas branding yang dilakukan oleh klinik Bandung Dental Center serta pengalaman apa yang diberikan dari penerapan emotional branding tersebut.