digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Satu Bumi adalah perusahaan menjual tanah media tanam premium untuk mengurangi masalah stress yang disebabkan pandemi COVID-19 dan juga untuk menyediakan tanah media tanam dengan khasiat lebih yaitu meningkatkan kesuburan pada di tanah pasca pertanian. Dengan menggunakan Instagram dan fiturnya, Satu Bumi menggunakan platform ini sebagai saluran pemasaran utama. Namun, karena kinerja buruk dari pemasaran Instagram Satu Bumi menyebabkan ketidakmampuan untuk menghasilkan penjualan di perusahaan. Keadaan ini menunjukan bahwa strategi pemasaran Instagram harus dikembangkan untuk meningkatkan performa Instagram. Untuk melakukan studi ini, penelitian ini memanfaatkan pendekatan metode penyelesaian masalah untuk awalnya menganalisis dan mengenali masalah setelah itu menemukan solusi dengan rencana implementasinya. Penelitian ini mulai dengan melakukan analisis internal (analisis perusahaan dan analisis konten) dan analisis eksternal (analisis PESTEL, analisis Porter’s Five Forces, analisis tolok ukur konten dan wawasan pelanggan menggunakan analitik deskriptif dengan mengoleksi data kuantitatif). Kemudian, mengformulasikan beberapa strategi rekomendasi berdasarkan analisis SWOT dari Satu Bumi untuk memecahkan akar masalah yaitu strategi pemasaraan Instagram yang tidak efektif dan tidak berdampak yang sudah di identifikasi menggunakan diagram fishbone. Masalah tersebut akan disekesaikan dengan mengembangkan rencana aksi mengambil kursus pemasaran digital, mempunyai anggaran yang sudah direncanakan untuk Instagram, membuat perencanaan konten, mengadakan giveaway, mengadakan diskon dan mengadakan kolaborasi berupa acara dengan rencana implementasi dari solusi – solusi tersebut