digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nuurillaah Rahma Dewi
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Media pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Ketersediaan media pembelajaran pada saat ini sudah sangat bervariatif, namun untuk materi Matriks pada mata pelajaran matematika untuk kelas XI SMA masih sangat jarang ditemukan.berangkat dari kenyataan tersebut, peneliti mencoba untuk mengembangkan metodologi pembelajaran pada materi matriks menggunakan media pembelajaran komik.sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk komik sebagai media pembelajaran pada materi matriks untuk siswa kelas XI SMA. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan buku ini adalah model ADDIE. ADDIE merupakan akronim dari tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam pengembangan buku pengayaan. Terdapat 5 tahapan pada pengembangan buku, yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Aspek yang dinilai dalam tahap validasi dan uji coba adalah aspek materi, aspek bahasa, aspek sajian, dan aspek grafika. Validasi dilakukan oleh seorang ahli materi, dua orang ahli media, seorang guru matematika, dan 20 orang peserta didik sebagai peserta uji coba. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media,dan guru matematika menunjukkan bahwa persentase nilai rata-ratanya berturut turut adalah 90% , 86%, dan 83% sehingga buku dianggap sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba dengan peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87%, buku masuk dalam kategori sangat baik menurut peserta didik. Oleh karena itu, buku komik matematika ini telah layak digunakan.