digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Badan Usaha BURS Bp Batam merupakan lembaga pelayanan kesehatan dan Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan hukum Badan Pengusaha Batam, yang akan selalu berkembang secara dinamis dan berubah sesuai dengan fungsi dan tugasnya mengikuti tantangan dan perkembangan dunia teknologi dan kesehatan. Dalam hal ini, Badan Usaha Rumah Sakit berusaha mengantisipasi setiap perubahan dan tuntutan akan perlunya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan pengguna jasa di bidang kesehatan, khususnya terkait peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terkait pemanfaatan teknologi canggih (terkini) di bidang kedokteran dan tetap terjangkau oleh masyarakat. Capaian kinerja tahun 2021 atas capaian dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihak eksternal mencapai kepuasan pasien sebesar 90,48 dengan target 88,50. Upaya Proses Bisnis Internal untuk meningkatkan pelayanan telah dilakukan dengan menambah pelayanan Laboratorium, Cardiac Ablation, ESWL, Mamography, peningkatan pelayanan rawat inap dan jalan dengan menambah pelayanan perawatan mental dan MCU. Penelitian ini akan mengevaluasi, menganalisis dan menilai potensi peningkatan pendapatan Badan Usaha Rumah Sakit Badan Wirausaha Batam dengan memitigasi risiko berdasarkan standar COSO-ERM (Enterprise Risk Management) dan menerapkan metode ini untuk meningkatkan volume layanan dan meningkatkan pendapatan Badan Usaha Rumah Sakit Badan Wirausaha Batam dengan mengusulkan perubahan besaran nilai tarif. Penelitian ini bermanfaat bagi pemerintah dan praktisi. Penulis juga merekomendasikan kepada BP Batam untuk meningkatkan jumlah layanan dan fasilitas pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan pelayanan kesehatan dan tentunya akan berdampak pada peningkatan pendapatan.