digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP SIROJUL MUNDZIR 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Rasa ingin tahu yang kuat mengenai ledakan berbagai informasi begitu digandrungi oleh banyak orang umunya terjadi karena takut ketinggalan informasi. Fenomena seperti ini sering disebut dengan istilah kepo atau dikenal dengan Knowing Every Particular Object. Kurangnya orang untuk bisa menetukan batasan diri sendiri dan juga kurang jelasnya batasan mengenai kepo yang menjurus ke ranah privasi, membuat orang semakin merasa bebas dengan mudahnya menanyakan hal-hal yang tidak sepantasnya untuk ditanyakan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dirancangnya sebuah program kampanye sosial dengan tujuan terciptanya strategi dan konsep serta dihasilkannya visualisasi media perancangan kampanye sosial yang dapat meningkatkan awareness mengenai batasan diri sendiri menghadapi fenomena knowing every particular object (kepo) dalam lingkungan masyarakat untuk dewasa muda. Pengumulan data dilakukan melalui survei dan wawancara, sedangkan pengumpulan informasi mengenai pendukung dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan para ahli. Metode perancangan tiga tahap yaitu tahap menentukan strategi, tahap menentukan konsep, dan tahapan eksekusi media. Perancangan kampanye sosial ini diharapkan menjadin bentuk kesadaran dan apresiasi bagi individu di lingkungan sosial untuk memberikan awareness pentingnya menjaga privasi orang lain karena privasi sudah sepatutnya untuk dijaga dan bukan jadi bahan konsumsi bersama.