digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Potensi pasar susu di Indonesia saat ini masih terbuka lebar, mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Dalam usaha untuk meraih potensi pasar tersebut, PT Ultrajaya harus dapat menghadapi tantangan bisnis yang ada saat ini yaitu rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan manfaat susu, dan perilaku masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk mengkonsumsi susu bubuk daripada susu cair. Hal ini menyebabkan walaupun PT Ultrajaya yang merupakan market leader di pasar susu cair Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 49.7%, namun secara umum pasar susu di Indonesia masih dikuasai oleh produsen-produsen susu bubuk. Berdasarkan hasil eksplorasi terhadap isu bisnis tersebut diperoleh bahwa rendahnya konsumsi susu cair di Indonesia ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor produk, faktor harga, dan faktor manusia. Produk susu cair ini dianggap kalah unggul jika dibandingkan dengan produk susu bubuk. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan melakukan edukasi yang bertujuan untuk merubah persepsi tersebut. Hal ini hanya dapat dilakukan melalui strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Untuk menyusun suatu strategi komunikasi pemasaran yang tepat terlebih dahulu perlu diketahui apa tujuan dari strategi komunikasi pemasaran tersebut, siapa yang menjadi target audiences, bagaimana strategi strategi komunikasi pemasaran yang sesuai dengan tujuan, dan apa yang menjadi peluang dan tantangannya. Berdasarkan hasil analisis dari data-data yang diperoleh pada proyek akhir ini memberikan suatu kesimpulan bahwa target edukasi yang paling tepat adalah segmen mahasiswi. Salah satu persepsi segmen mahasiswi mengenai susu cair yang salah dan akan dibahas pada proyek akhir ini adalah susu cair dapat memicu kegemukan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengedukasi segmen mahasiswi mengenai persepsi yang salah ini, adalah dengan membuat suatu strategi komunikasi pemasaran dengan bertumpu pada atribut-atribut pembentuk kepercayaan target audiences yaitu dengan menggunakan pembuktian langsung, pendapat ahli, dan pendapat orang lain. Strategi komunikasi pemasaran ini akan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan kegiatan Below The Line (BTL) dan kegiatan Above The Line (ATL).Tujuan dari komunikasi pemasaran disini adalah untuk mengedukasi target audiences, sehingga akhirnya merubah persepsinya terhadap susu cair, komunikasi pemasaran disini akan lebih dititik beratkan pada kegiatan BTL dengan kegiatan ATL sebagai pendukung untuk meningkatkan awareness dan rasa ingin tahu target audiences terhadap isu bisnis yang ada.