Article Details

MENGASES ADOPSI KONSUMEN PT ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE TBK TERHADAP DIGITAL APLIKASI ADIRAKU MENGGUNAKAN MODEL UTAUT II

Oleh   Yolla Aliyyah Listi Wardah [19018093]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Fitri Aprilianty, M.S.M.
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Subjek :
Kata Kunci : Adopsi Konsumen, Niat Perilaku, Adiraku, UTAUT II, PLS-SEM
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 05 Agu 2022

Perkembangan teknologi yang terus meningkat mempengaruhi berbagai industri dalam melakukan pengembangan dengan melakukan digitalisasi, salah satunya adalah pada financial industri. Digitalisasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengadopsi digital aplikasi. Salah satu perusahaan yang mengadopsi digital aplikasi ini adalah PT Adira Dinamika Multifinance Tbk., yang mengeluarkan aplikasi bernama Adiraku. Namun tingkat dari adopsi digital aplikasi ini masih relatif rendah jika dilihat dari ketidakpuasan konsumen atas permasalahan yang terjadi pada aplikasi dan dibuktikan juga oleh rating dan review yang diberikan oleh konsumen. Sehingga penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana adopsi digital aplikasi Adiraku, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat orang dalam menggunakan aplikasi Adiraku, dan untuk menghadirkan prespektif baru terkait adopsi digital aplikasi dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan model teori UTAUT II. Studi ini mengukur pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value, habit, behavioral intention, faktor moderasi pengalaman, dan juga umur dalam menggunakan aplikasi Adiraku. Penelitian ini mengunakan metode kuesioner survei yang dianalis menggunakan PLS-SEM dan metode wawancara semi terstruktur, lalu ditemukan bahwa hedonic motivation, price value, habit, dan social influence berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention. Selain itu facilitating condition dan behavioral intention juga berpengaruh secara signifikan terhadap actual usage. Untuk faktor moderasi, secara signifikan umur memoderasi hubungan antara behavioral intention dan actual usage, pengalaman memoderasi hubungan antara price value dan behavioral intention. Penelitian ini juga memberikan wawasan untuk pengadopsi aplikasi Adiraku berdasarkan penilaian konsumen dalam memahami faktor-faktor yang dapat mendorong niat pengguna untuk menggunakan aplikasi Adiraku dan membantu dalam meningkatkan tingkat adopsi aplikasi Adiraku. Kata Kunci: Adopsi Konsumen, Niat Perilaku, Adiraku, UTAUT II, PLS-SEM