digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja dimana konsumen lebih sering menghabiskan waktu untuk belanja secara online melalui marketplace. Semakin banyak pengguna marketplace mengindikasikan bahwa semakin meningkatnya perilaku online oleh konsumen dan nantinya dapat meingkatkan kecenderungan untuk melakukan pembelian secara impulsif. Pembelian impulsif secara online melalui marketplace memang banyak terjadi, namun penyebab hal tersebut terjadi masih belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif di marketplace baik faktor internal maupun faktor eksternal: sales promotion. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kuantitatif dengan survei online. Survei online memperoleh 200 responden dari perempuan generasi Y yang berasal dari Jakarta. Data tersebut dianalisis dengan metode multiple regression menggunakan aplikasi SPSS 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa lima dari sebelas hipotesis diterima dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku belanja impulsif. Faktor eksternal sales promotion memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perilaku belanja impulsif. Begitu juga dengan faktor internal personality trait extraversion, impulsive buying tendency, dan materialism yang sama-sama memiliki hubungan positif dengan perilaku belanja impulsive. Akan tetapi, personality trait agreeableness memiliki hubungan yang berbanding terbalik, dimana semakin rendah tingkat agreeableness maka semakin tinggi consumer melakukan pembelian impulsif. Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini dapat membantu marketplace dan/atau penjual di marketplace untuk membuat strategi marketing dan meningkatkan penjualan.