Article Details

PEMERIKSAAN NIAT BERGABUNG DENGAN PROGRAM INTERNSHIP DI ANTARA MAHASISWA S1 DI BANDUNG

Oleh   Gora Goar Meviu Silitonga [19219011]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nurrani Kusumawati, S.E., M.S.M.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SBM - Kewirausahaan
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Subjek :
Kata Kunci : Intensi Bergabung, Kebermaknaan Kerja, Citra Institusi, Atribut Organisasi, Daya Tarik Organisasi
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 05 Agu 2022

Secara global, pandemi memaksa sekolah, perguruan tinggi, dan universitas untuk menutup kampus mereka untuk memungkinkan siswa mempraktikkan praktik jarak sosial. Terlepas dari kesulitan dan tantangan tersebut, sebagian mahasiswa S1 menyadari bahwa dengan sistem pembelajaran baru ini, waktu yang ditetapkan untuk belajar atau untuk pendidikan formal menjadi lebih fleksibel sehingga para mahasiswa tersebut dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang lebih produktif. Salah satunya adalah mengikuti program magang virtual atau on-site. Karena adanya kebijakan “Kampus Merdeka” yang baru, khususnya program magang dan tingginya minat untuk mengikuti magang, dan mengetahui empat aspek (kebermaknaan kerja, citra institusional, atribut organisasi, dan daya tarik organisasi) yang penting bagi seseorang untuk akhirnya mengikuti program magang bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi perusahaan seperti iSeek yang merupakan perusahaan baru yang berfokus pada penyediaan platform pencari magang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh keempat aspek tersebut terhadap niat mengikuti program magang di kalangan mahasiswa sarjana di Bandung. Penelitian ini menggunakan skala Likert 5 poin. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online terhadap 259 responden, yang kemudian akan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS untuk mendapatkan hasilnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik organisasi dan niat bergabung sedangkan atribut organisasional berpengaruh signifikan terhadap daya tarik organisasi. Sedangkan faktor-faktor lainnya menghasilkan kebalikannya. Temuan penelitian ini merekomendasikan perusahaan platform pencari kerja lain untuk lebih mengembangkan strategi pemasaran dan memiliki penelitian sendiri untuk lebih memahami pelanggan mereka dan memanfaatkannya untuk menarik lebih banyak mitra perusahaan. Kata Kunci: Intensi Bergabung, Kebermaknaan Kerja, Citra Institusi, Atribut Organisasi, Daya Tarik Organisasi