Tren pasar menunjukkan bagaimana makanan sehat di Indonesia telah berkembang dalam beberapa
tahun terakhir. Produk makanan sehat semakin diminati ditandai dengan peningkatan jumlah konsumen
dalam membeli makanan sehat. Menyertai tren tersebut, banyak perusahaan di Indonesia yang
melakukan inovasi dengan membuat makanan sehat. Perusahaan-perusahaan tersebut menggabungkan
makanan organik dan makanan instan biasa, termasuk perusahaan mie. Diantaranya ada salah satu merek
mie instan sehat yang terkenal di Indonesia yakni Lemonilo. Namun terlepas dari peningkatan
popularitas pasar mie sehat organik, terdapat keterbatasan terhadap penelitian yang mengidentifikasi
niat konsumen Lemonilo dalam melakukan aktivitas pembelian, dimana belum ditemukan permintaan
statistik untuk konsumsi mie instan sehat di Indonesia. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis
data menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) dan untuk menguji
hubungan antara variabel dependen dan independen, peneliti melakukan uji mediasi. Hasil dari
pengolahan data telah mengkonfirmasi bahwa ketiga faktor (nilai yang dirasakan, kesadaran kesehatan,
dan norma subjektif) mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk mie instan sehat. Selain itu hasil
dari riset ini membuktikan bahwa niat beli dipengaruhi oleh sikap. Di sisi lain, perilaku pembelian yang
sebenarnya tidak dipengaruhi oleh niat membeli, melainkan dipengaruhi oleh dua dari tiga faktor
tambahan diantaranya promosi dan rasa. Selanjutnya dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
Niat Beli memiliki karakteristik mediasi penuh untuk variabel independen Sikap terhadap Perilaku
Pembelian Aktual dan variabel mediasi Niat Beli dan Sikap juga terbukti memiliki karakteristik mediasi
penuh untuk Nilai Keuntungan dan Kesadaran Kesehatan karena tidak dapat secara langsung
mempengaruhi variabel dependen dari Perilaku Pembelian Aktual. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti
menyarankan perusahaan mie instan sehat fokus pada rasa dan promosi untuk menembus perilaku
pembelian aktual dari pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk
mengembangkan strategi pemasaran yang ditujukan pada wanita berusia 20 hingga 30 tahun, yang
tinggal di kota besar dan menerapkan gaya hidup hemat.
Kata kunci: Perilaku Pembelian Aktual, Mie Instan Sehat, Indonesia, Niat Beli, PLS-SEM, Kualitatif,
Kuantitatif.