digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tren pasar menunjukkan bagaimana makanan sehat di Indonesia telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Produk makanan sehat semakin diminati ditandai dengan peningkatan jumlah konsumen dalam membeli makanan sehat. Menyertai tren tersebut, banyak perusahaan di Indonesia yang melakukan inovasi dengan membuat makanan sehat. Perusahaan-perusahaan tersebut menggabungkan makanan organik dan makanan instan biasa, termasuk perusahaan mie. Diantaranya ada salah satu merek mie instan sehat yang terkenal di Indonesia yakni Lemonilo. Namun terlepas dari peningkatan popularitas pasar mie sehat organik, terdapat keterbatasan terhadap penelitian yang mengidentifikasi niat konsumen Lemonilo dalam melakukan aktivitas pembelian, dimana belum ditemukan permintaan statistik untuk konsumsi mie instan sehat di Indonesia. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) dan untuk menguji hubungan antara variabel dependen dan independen, peneliti melakukan uji mediasi. Hasil dari pengolahan data telah mengkonfirmasi bahwa ketiga faktor (nilai yang dirasakan, kesadaran kesehatan, dan norma subjektif) mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk mie instan sehat. Selain itu hasil dari riset ini membuktikan bahwa niat beli dipengaruhi oleh sikap. Di sisi lain, perilaku pembelian yang sebenarnya tidak dipengaruhi oleh niat membeli, melainkan dipengaruhi oleh dua dari tiga faktor tambahan diantaranya promosi dan rasa. Selanjutnya dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Niat Beli memiliki karakteristik mediasi penuh untuk variabel independen Sikap terhadap Perilaku Pembelian Aktual dan variabel mediasi Niat Beli dan Sikap juga terbukti memiliki karakteristik mediasi penuh untuk Nilai Keuntungan dan Kesadaran Kesehatan karena tidak dapat secara langsung mempengaruhi variabel dependen dari Perilaku Pembelian Aktual. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan perusahaan mie instan sehat fokus pada rasa dan promosi untuk menembus perilaku pembelian aktual dari pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang ditujukan pada wanita berusia 20 hingga 30 tahun, yang tinggal di kota besar dan menerapkan gaya hidup hemat. Kata kunci: Perilaku Pembelian Aktual, Mie Instan Sehat, Indonesia, Niat Beli, PLS-SEM, Kualitatif, Kuantitatif.