Article Details

MEMAHAMI ADOPSI WAJIB PAJAK TERHADAP PELAPORAN SPT ONLINE DENGAN MODEL META-UTAUT YANG DIPERLUAS

Oleh   Asep Heri Hermanto [29020053]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nila Armelia Windasari, S.A., MBA, Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Subjek :
Kata Kunci : Adopsi, e-filing, Meta-UTAUT, Pelaporan SPT Online, Perilaku penggunaan.
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 05 Agu 2022

Penelitian ini mengkaji paradigma adopsi teknologi yang dominan untuk menemukan variabel penting yang mendasari perilaku pelaporan SPT secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengembangkan model hipotetis secara empiris berdasarkan data yang dikumpulkan dari pengguna pelaporan SPT online di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online secara nasional dan memperoleh 486 data wajib pajak untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, harapan usaha, dan harapan kinerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap wajib pajak dalam pelaporan SPT online. Kondisi yang memfasilitasi dan sikap mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat wajib pajak untuk mengadopsi pelaporan SPT online. Namun, niat wajib pajak untuk menggunakan pelaporan SPT online tidak terpengaruh oleh pengaruh sosial. Niat perilaku wajib pajak berdampak positif dan signifikan terhadap perilaku penggunanya. Pada saat yang sama, penanganan keluhan dan kecemasan memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel moderasi. Berdasarkan hasil analisis tematik jawaban atas pertanyaan terbuka di akhir kuesioner diperoleh pengalaman positif, pengalaman negatif, dan saran untuk perbaikan. Pengalaman positif dari responden yang pernah menggunakan aplikasi pelaporan SPT online adalah cepat dan efisien, mudah digunakan, fleksibel, membantu dan ramah lingkungan. Pengalaman negatifnya adalah aplikasi sering error dan sulit diakses saat peak season, bingung pertama kali menggunakan aplikasi, kurang praktis, salah input sehingga hasil tidak sesuai, sering lupa password karena jarang akses, beda petugas beda beda jawaban untuk masalah yang sama, dan call center sulit dihubungi. Sedangkan saran perbaikannya adalah peningkatan kualitas sistem, pedoman yang jelas dan rinci, peningkatan sosialisasi dan edukasi, peningkatan pelayanan penanganan pengaduan, user friendly, penambahan fitur, integrasi dengan aplikasi lain yang mendukung, pembuatan versi mobile app, dan jaminan keamanan data. Implikasi untuk praktek dan penelitian juga dibahas pada bab ringkasan dan kesimpulan. Keywords: Adopsi, e-filing, Meta-UTAUT, Pelaporan SPT Online, Perilaku penggunaan.