ABSTRAK Sarid Mejiartono
PUBLIC Irwan Sofiyan COVER _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB I _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB II _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB III _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB IV _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB V _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan PUSTAKA Sarid Mejiartono
PUBLIC Irwan Sofiyan LAMPIRAN _Sarid Mejiartono.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan
Tesis ini merupakan bagian dari riset rekayasa peniruan produk dengan basis
features pada komponen fuel cock assy, yang bertujuan untuk merancang ulang
komponen fuel cock assy agar dapat diproduksi dengan material sederhana, bobot
komponen lebih ringan, proses produksi lebih cepat dan lebih murah serta
perubahan beberapa bentuk case sesuai kebutuhan yang ada. Penelitian ini dimulai
dengan melakukan identifikasi requirements berdasarkan prinsip kerja fuel cock
assy dilanjutkan analisis fungsi menyeluruh dan sub rakitan menggunakan diagram
liaison yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa fitur-fitur yang
berpengaruh terhadap key characteristic dan fungsi utama komponen guna
meminimalisir kesalahan pada saat dilakukan perubahan material. Tahap
berikutnya pemodelan geometri melalui proses scanning menggunakan 3D Scanner
dan pengukuran menggunaakan CMM. Hasil pengukuran dan pemindaian, diolah
lebih lanjut untuk memperoleh model atau data CAD yang lebih sempurna. 3D
Model yang diperoleh disimulasikan untuk mengetahui titik kritis pada komponen
guna dilakukan modifikasi pada bagian tersebut. Hasil simulasi dan analisis
diagram liaison dituangkan dalam sebuah gambar teknik yang dijadikan sebagai
referensi/acuan dalam proses prototyping.
Tahap akhir pada penelitian ini adalah prototyping menggunakan material ABS
dengan metode SLA 3D printing. Prototipe diukur kembali untuk mengetahui
kesesuaian dimensi yang ada pada gambar teknik. Uji resistensi material
menunjukkan material prototipe memiliki daya tahan yang baik terhadap fuel.
Keberfungsian dan performa prototipe, diketahui melalui pengujian pada sebuah
rig test dan pengujian secara langsung pada sepeda motor. Hasil pengujian prototipe
menunjukkan bahwa komponen mampu bekerja pada tekanan vakum (-8) cmHg
dan (-18) cmHg, tidak terjadi kebocoran bahan bakar dan tekanan vakum pada
semua bagian komponen serta mampu membuka valve pada saat diberikan tekanan
vakum dan menutup valve pada saat tekanan vakum dihilangkan. Pengujian
performa secara langsung pada sepeda motor, menunjukkan bahwa prototipe
mampu mempertahankan performanya pada berbagai putaran mesin dan berbagai
medan jalan lurus tanpa hambatan dan medan jalan menanjak - menurun.