digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

2007 TA PP RIRI HERYANTI 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Abstrak: Pemilihan pembersih lantai yang pada umumnya mengutamakan kualitas telah bergeser seiring dengan ditawarkannya pembersih lantai private label yang diklaim memiliki harga lebih murah dan kualitas bersaing, saat ini mulai banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba bahkan menjadi pelanggan setia pembersih lantai private label. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini membahas mengenai consumer value, karakteristik, dan persepsi konsumen dalam pembelian pembersih lantai private label. Penelitian dengan menggunakan kuesioner yang melibatkan 277 responden perempuan dari konsumen pembersih lantai yang ditemui di enam hypermarket di Kota Bandung mencoba menjawab pertanyaan apakah perbedaan consumer value, karakteristik, dan persepsi antara konsumen pembersih lantai private label dengan konsumen pembersih lantai merek nasional. Konsumen private label memiliki perbedaan consumer value dalam pemilihan pembersih lantai dibanding konsumen merek nasional. Dalam pemilihan pembersih lantai, konsumen private label lebih mementingkan kemampuan pembersih lantai untuk mengkilapkan lantai dan banyaknya busa yang dihasilkan oleh pembersih lantai, sedangkan merek merupakan faktor yang sangat tidak mempengaruhi mereka. Berbeda dengan konsumen merek nasional yang lebih mementingkan merek dalam pemilihan pembersih lantai. Karakteristik antara konsumen private label dan merek nasional juga memiliki beberapa perbedaan seperti, pekerjaan, jenis keluarga, pendapatan, pengeluaran, gaya hidup, dan kepribadian. Dalam menilai persepsi, konsumen dibagi kedalam tiga kelompok yaitu, konsumen private label, konsumen merek nasional, dan konsumen yang hanya pernah sekali membeli. Konsumen merek nasional dan konsumen yang hanya pernah sekali membeli pembersih lantai private label memberikan persepsi yang kurang baik dari segi kualitas. Hal ini menunjukkan bahwa pembersih lantai private label belum sesuai harapan konsumen dari dua kelompok tersebut.