digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: PT Rahajasa Media Internet (RadNet) adalah perusahaan penyedia jasa layanan internet pertama yang memiliki ijin operasi secara nasional. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, mengakibatkan berkembangnya industri industri yang bergerak di bidang tersebut, termasuk industri internet. Industri internet merupakan suatu industri yang memiliki tingkat kompetisi sangat ketat. Sementara kompetitor terus bertambah, kinerja penjualan RadNet cabang Bandung disepanjang tahun 2006 justru mengalami penurunan. RadNet cabang Bandung memerlukan strategi yang tepat agar dapat terus meningkatkan penjualannya. Penurunan yang dialami oleh perusahaan dapat dipandang dari berbagai segi, salah satunya dari segi produk. Sebagaimana kebanyakan badan usaha lainnya, Radnet merupakan organisasi multiproduk yang mengelola beberapa jenis produk. Faktor pendorong perusahaan mengembangkan lini produk yang lebih lengkap selain dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar, juga karena pihak perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Namun dengan adanya penambahan produk, berbagai biaya dan investasi juga bertambah besar. Perusahaan perlu waspada, apakah lini lini produk yang dimiliki dapat menghasilkan keuntungan sesuai dengan investasi yang ditanamkan atau tidak. Produk yang tidak dapat menghasilkan keuntungan akan menjadi sumber biaya bagi perusahaan, karena perusahaan harus menyisihkan sebagian sumber dayanya, baik berupa waktu maupun uang, untuk mempertahankan keberadaan produk tersebut.