digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tangkap gerak seluruh tubuh merupakan metode pembuatan animasi yang sulit diakses pembuat konten secara umum. Hal ini disebabkan mahal dan rumitnya perangkat yang diperlukan untuk menghasilkan animasi tersebut. Di sisi lain, teknologi animasi gerak muka sudah sangat maju hingga sudah dipakai oleh banyak pengguna, bahkan oleh pengguna non-animator. Tugas akhir ini bertujuan untuk memadukan kemudahan penggunaan tangkap gerak muka dengan keluaran dari tangkap gerak seluruh tubuh. Hal tersebut dapat diperoleh dengan memanfaatkan hanya satu atau dua kamera RGB dalam menghasilkan animasi seluruh tubuh. Agar tercapai, aplikasi akhir yang dibuat memanfaatkan teknologi estimasi pose berbasis pemelajaran mesin yang sudah ada seperti yang disediakan MediaPipe. Masukan dari kamera RGB diatur sesuai dengan kalibrasi yang dilakukan pada kamera, kemudian pose trimatra berbentuk kerangka tulang diekstraksi menggunakan model pemelajaran mesin. Kemudian, sendi-sendi pada karakter digital dirotasikan pada aplikasi Unity berdasarkan titik-titik penting kerangka tulang yang diperoleh. Dari hasil pengujian, diperoleh bahwa metode estimasi pose trimatra secara langsung menghasilkan hasil paling optimal di antara metode-metode yang dicoba. Akan tetapi, sistem masih memiliki kekurangan dalam segi kecepatan pembuatan bingkai animasi dan masih kesulitan dalam mendeteksi kedalaman posisi titik-titik penting.