digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP APSARI RETNO WIRATMI 1.pdf ?u
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kota Lama Semarang, menjadi salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sebagai warisan budaya, terdapat nilai sejarah material dan non-material yang terkandung dalam setiap bangunan di Kota Lama Semarang. Untuk itulah sejarah Kota Lama Semarang harus dikenalkan kepada generasi muda sebagai salah satu upaya pelestarian warisan budaya. Pengenalan dilakukan melalui edukasi yang lebih menyenangkan yaitu menggunakan edugame. Edugame dengan Augmented Reality, menjadi salah satu terobosan untuk mengenalkan sejarah Kota Lama Semarang kepada generasi muda. Dengan menggunakan Augmented Reality, remaja sebagai pengguna game akan mendapatkan sebuah pengalaman ruang yang berbeda. Pengalaman ruang yang berbeda ini akan membawa pengguna ke dalam sebuah pengalaman bermain yang immersive. Dalam proses pengembangan edugame ini, peneliti menggunakan pendekatan model pengembangan ADDIE, Analysis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE). Model pengembangan dalam penelitian ini memiliki lima tahapan yang berurutan secara sistematis dan interaktif, yaitu mulai dari analisis kebutuhan, membuat rancangan, dilanjutkan dengan pengembangan produk, implementasi hasil pengembangan secara langsung dan evaluasi produk yang telah diujicobakan. Berisi pengetahuan tentang nilai sejarah Kota Lama Semarang, dalam edugame terdapat strategi penyampaian materi berupa gabungan dari nilai sejarah yang disampaikan secara bertahap dalam level permainan, visual imaginative hewan mitologi dalam bentuk 3D, narasi visual dalam bentuk cerita fiksi, tantangan menjelajahi Kota Lama dan menjawab kuis untuk melanjutkan ke level berikutnya. Edugame hasil perancangan ini menjadi media pembelajaran yang layak digunakan oleh generasi muda dalam mengenal sejarah Kota Lama Semarang.