digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tiya Khairina Izzati
PUBLIC Alice Diniarti

Abrasi dan erosi merupakan salah satu jenis keausan yang paling banyak terjadi pada komponen yang saling bergesekan. Salah satu komponen yang bergesekan dan rentan mengalami keausan adalah engine block. Hal ini menjadikan ketahanan aus merupakan parameter penting pada desain dan pembuatan engine block itu sendiri. Penggunaan aluminium sebagai bahan dasar engine block mulai banyak digunakan karena strength to weight ratio-nya yang tinggi. Sehingga penting untuk mengetahui ketahanan aus baik abrasi maupun pada erosi pada paduan aluminium. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian abrasi menggunakan pin on disk dan erosi menggunakan air jet erosion. Pengujian abrasi dilakukan dengan memvariasikan pelumasan dan jenis serbuk serta pada pengujian erosi variasi diberikan pada parameter penggunaan sudut impak serbuk. Hasil dari pengujian ini berupa nilai perubahan massa sebelum dan sesudah dilakukan pengujian, semakin kecil nilai pengurangan massa yang terjadi maka semakin baik pula ketahanan ausnya. Dari hasil pengujian pin on disk yang dilakukan, didapatkan penggunaan pelumas dengan viskositas yang lebih tinggi akan menghasilkan ketahanan aus yang lebih baik, selain itu penggunaan serbuk abrasi yang keras dan cenderung memiliki bentuk bersudut akan menyebabkan keausan yang terjadi semakin parah. Penggunaan sudut impak serbuk 90° menghasilkan keausan yang lebih rendah 55% dibandingkan penggunaan sudut 15°. Perbedaan keausan yang terjadi pada pengujian dengan variasi sudut terjadi karena perbedaan modus erosi yang terjadi pada permukaan sampel. Pada sudut yang relatif kecil 15°, modus erosi yang terjadi adalah cutting, sedangkan pada sudut yang relatif besar 90° modus yang terjadi adalah rebound.