Article Details

PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN RANCANGAN FASILITAS DAN TATA TATA LETAK PROYEK KONSTRUKSI STUDI KASUS: PROYEK EPC TERMINAL LPG REFRIGERATED PT X

Oleh   Andi Muhammad Karaka Kilat [13416101]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia;Saskia Puspa Kenaka, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTI - Teknik Industri
Fakultas : Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Subjek :
Kata Kunci : Prototipe, sistem pendukung keputusan, perancangan tata letak fasilitas penyimpanan proyek konstruksi, pengambilan keputusan.
Sumber :
Staf Input/Edit : Dewi Supryati  
File : 1 file
Tanggal Input : 24 Jun 2022

PT. X merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Dalam melakukan perancangan tata letak fasilitas penyimpanan proyek konstruksi, PT. X mengimplementasi metodologi yang dikembangkan oleh Lokananta pada 2018. Implementasi daripada proses dan penggunaan metodologi menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yaitu kesalahan perancangan akibat kesalahan kalkulasi daripada pegawai yang menggunakan metodologi dan keluaran daripada alat bantu yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan perancangan. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat mengoptimalkan implementasi dan penggunaan metodologi perancangan tata letak fasilitas penyimpanan proyek konstruksi Lokananta. Tahapan perancangan sistem pendukung adalah kajian metodologi, identifikasi kebutuhan pengambilan keputusan dan pemetaan bagan alir, identifikasi kebutuhan sistem pendukung keputusan, dan proses perancangan komponen sistem pendukung keputusan. Setelah melakukan perancangan konseptual, dilakukan perancangan dan pembangunan prototipe sistem pendukung keputusan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel dan Phyton. Prototipe sistem pendukung keputusan yang telah dibangun selanjutnya divalidasi dan diverifikasi untuk memastikan sistem pendukung keputusan memenuhi kebutuhan sistem pendukung keputusan dan tidak memiliki kendala dalam operasi dan penggunaannya. Uji coba sistem pendukung keputusan dilakukan dengan menggunakan skenario proyek EPC terminal LPG Refrigerated. Hasil uji coba menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dapat menyimpan dan mengorganisir input dan output pengolahan data yang dilakukan oleh pengguna, mengotomasi proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, dan sistem pendukung keputusan juga mampu mengeluarkan hasil perancangan tata letak fasilitas yang lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan sistem pendukung keputusan.