digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Bank Jabar memiliki beberapa produk tabungan yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah produk Tabungan Haji (TABAH). Produk ini diluncurkan pada tahun 2002 setelah Bank Jabar ditunjuk sebagai BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji) oleh pemerintah melalui Departemen Agama. Produk ini tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan bahkan menunjukkan trend yang menurun. Studi ini ingin mengetahui faktor faktor apa yang mempengaruhi jumlah nasabah produk Tabah di Bank Jabar. Berdasarkan analisis terhadap beberapa faktor eksternal dan internal, diperoleh kesimpulan bahwa hal ini disebabkan karena kurang taktisnya Bank Jabar dalam mengelola produk TABAH. Untuk mengatasi hal tersebut, Bank Jabar perlu menjalin kerja sama yang baik dengan KBIH dan komunitas keagamaan seperti pengajian, serta mengefektifkan komunikasi pemasaran untuk dapat meningkatkan awareness nasabah terhadap produk Tabah.