Article Details

EVALUASI PENGARUH IKLAN TERHADAP PERSEPSI DAN PERILAKU WANITA USIA SUBUR DALAM MENGATASI DISMENOREA

Oleh   Gabriella Yovanda [11618022]
Kontributor / Dosen Pembimbing : apt. Cindra Tri Yuniar, S.Farm., M.Si.; apt. Bhekti Pratiwi, M.Si
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SF - Farmasi Klinik dan Komunitas
Fakultas : Sekolah Farmasi (SF)
Subjek :
Kata Kunci : iklan, dismenorea, persepsi, perilaku
Sumber :
Staf Input/Edit : yana mulyana  
File : 1 file
Tanggal Input : 23 Jun 2022

Dismenorea adalah nyeri menstruasi yang kerap dialami oleh wanita dalam usia subur sehingga informasi mengenai terapinya menjadi penting untuk diketahui. Iklan sebagai salah satu cara penyampaian informasi terapi dismenorea. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh iklan terhadap persepsi dan perilaku wanita usia subur dalam mengatasi dismenorea. Dilihat juga pengaruh profil dismenorea, karakteristik demografi terhadap persepsi dan perilaku, serta potensi peran tenaga kesehatan dalam menjamin ketepatan informasi dalam iklan. Desain penelitian berupa cross-sectional dengan teknis pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian dilakukan pada Januari-April 2022. Penelitian dilakukan secara daring dengan penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Kuesioner diisi oleh 342 responden. Persepsi berisi pernyataan terkait proses pembentukan persepsi, sedangkan perilaku berisi pernyataan terkait tindakan yang dilakukan oleh responden dalam mengatasi dismenorea. Metode analisis statistik yang digunakan adalah Kruskal-Wallis dan Korelasi Spearman-Rank. Hasil penelitian menunjukkan 51,46% responden memiliki persepsi baik dan 53,51% memiliki perilaku positif dalam mengatasi dismenorea. Analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh iklan terhadap persepsi responden (p<0,05, r=0,156). Karakteristik demografi seperti pendidikan terakhir dan umur (p<0,05) berpengaruh terhadap perilaku. Selain itu, sebanyak 37,43% responden sangat setuju bahwa responden melakukan konfirmasi kepada apoteker/dokter terkait informasi dalam iklan. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa iklan dapat mempengaruhi persepsi sementara pendidikan dan umur mempengaruhi perilaku. Peran tenaga kesehatan seperti apoteker memiliki potensi yang besar dalam menjamin ketepatan informasi dari iklan terapi dismenorea.