digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Orang menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan. Alasan paling populer antara lain berhubungan dengan kerabat, mengisi waktu luang, membaca berita, dan mencari konten yang menghibur. Banyak akun yang menyediakan konten untuk memenuhi itu. Cretivox adalah salah satu akun Indonesia yang menyediakan konten hiburan dan gaya hidup bagi audiensnya sebagai media digital. Meskipun mereka memberikan salah satu alasan penggunaan media sosial paling populer, kinerja mereka, yang ditunjukkan oleh keterlibatan merek pelanggan mereka, menurun di semua platform media sosial. Masalah ini krusial karena manajemen mereka juga bertujuan untuk membangun ekuitas merek mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif konsumsi media yang mempengaruhi customer brand engagement (CBE) terhadap Cretivox, mengetahui pengaruh customer brand engagement (CBE) terhadap customer-based brand equity (CBBE) terhadap Cretivox, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan CBE dan CBBE mereka. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification, customer brand engagement, dan CBBE oleh David Aaker. Survei kuantitatif dilakukan secara daring terhadap 206 responden berusia 18 hingga 24 tahun yang mengikuti salah satu media sosial Cretivox dan berdomisili di Jabodetabek atau Bandung. Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua motif utilitas, hiburan, dan waktu luang berpengaruh positif dan signifikan terhadap CBE. Selanjutnya, CBE berpengaruh positif signifikan terhadap semua dimensi CBBE (loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang diterima, dan asosiasi merek). Dengan hasil tersebut, penelitian ini dapat membantu Cretivox untuk meningkatkan ide konten dan strategi pemasaran mereka di masa depan.