Article Details

INVESTIGATING THE RELATIONSHIP BETWEEN CUSTOMERS’ MOTIVATION TO CONSUME CRETIVOX’S SOCIAL MEDIA CONTENTS AND CUSTOMER BRAND ENGAGEMENT AND ITS EFFECT ON CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY TOWARD CRETIVOX

Oleh   Made Dwi Pradnyani Dewi [19019147]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nurrani Kusumawati, S.E., M.S.M.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Cretivox, Uses and Gratification Theory, Media Consumption Motives, Customer Brand Engagement, Customer-Based Brand Equity, Social Media
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 22 Jun 2022

Orang menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan. Alasan paling populer antara lain berhubungan dengan kerabat, mengisi waktu luang, membaca berita, dan mencari konten yang menghibur. Banyak akun yang menyediakan konten untuk memenuhi itu. Cretivox adalah salah satu akun yang menyediakan konten hiburan dan gaya hidup bagi audiensnya sebagai media digital. Meskipun mereka memberikan salah satu alasan penggunaan media sosial paling populer, kinerja mereka, yang ditunjukkan oleh keterlibatan merek pelanggan mereka, menurun di semua platform media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif konsumsi media yang mempengaruhi customer brand engagement (CBE) terhadap Cretivox dan mengetahui pengaruh customer brand engagement (CBE) terhadap customer-based brand equity (CBBE) terhadap Cretivox. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification, customer brand engagement, dan CBBE oleh David Aaker. Survei kuantitatif dilakukan secara daring terhadap 206 responden berusia 18 hingga 24 tahun yang mengikuti salah satu media sosial Cretivox dan berdomisili di Jabodetabek atau Bandung. Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua motif utilitas, hiburan, dan waktu luang berpengaruh positif dan signifikan terhadap CBE. Sedangkan hiburan, sebagai tujuan utama Cretivox dalam pembuatan konten, hanya memiliki efek mediasi parsial untuk motif utilitas dan waktu luang terhadap CBE dengan mediasi pelengkap. Selanjutnya, CBE berpengaruh positif signifikan terhadap semua dimensi CBBE (loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang diterima, dan asosiasi merek). Dengan hasil tersebut, penelitian ini dapat membantu Cretivox untuk meningkatkan ide konten dan strategi pemasaran mereka di masa depan. Keywords: Cretivox, Uses and Gratification Theory, Media Consumption Motives, Customer Brand Engagement, Customer-Based Brand Equity, Social Media