digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP SYAKLUNA ZAINAB T. 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Anak usia dini memiliki tingkat fokus yang tinggi dalam mendengarkan. Pernyataan ini didasarkan oleh (Novitasari & Fauziddin, 2020), yang menyatakan bahwa seorang anak akan lebih mudah menangkap stimulus atau rangsangan melalui alat indera pendengaran. Hal tersebut dapat dimanfaatkan melalui auditori, salah satu metode belajar yang mampu mengembangkan karakteristik anak dalam memahami cara belajar yang sesuai serta mendorong perkembangan anak secara optimal melalui pengalaman belajar yang menyenangkan tanpa merasa tertekan akan kewajiban untuk belajar secara formal. Hingga saat ini, belum diperhatikannya pengadaan fasilitas Taman Kanak-Kanak di Kota Bandung yang menerapkan pendekatan metode pembelajaran auditori sebagai salah satu upaya dalam mendidik anak usia dini untuk pengembangan komunikasi. Sehingga perancangan yang akan Penulis buat meliputi fasilitas Taman Kanak-Kanak dengan pendekatan metode pembelajaran auditori yang berfokus pada pendidikan untuk mengembangkan karakteristik belajar anak serta sebagai wadah interaksi bagi anak untuk dapat lebih aktif berkomunikasi pada lingkup sosial. Teknik perolehan data dalam laporan ini menggunakan beberapa metode diantaranya studi literatur teori, mengolah informasi dan referensi terkait dalam kajian pustaka, serta survei lapangan.