digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Wedding Organizer adalah perusahaan jasa yang tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Dalam industri pernikahan, reputasi yang baik dan kepercayaan publik merupakan faktor kunci untuk menarik pelanggan. Untuk meningkatkan reputasi diperlukan komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab internal dan eksternal VK Organizer terkait dengan kinerja pemasaran digital. VK Event Organizer memiliki masalah mengenai kurangnya keterlibatan pelanggan di jejaring sosial, terutama Instagram. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis segmentasi, targeting dan positioning (STP) dan VRIO pada analisis internal, analisis PEST, analisis pesaing untuk eksternal. Setelah memahami akar permasalahan, penulis mencari solusi dengan menggunakan analisis SWOT dan analisis TOWS. Berdasarkan analisis TOWS dan mengacu pada hasil Fishbone analisis penulis memberikan solusi untuk internal perusahaan seperti pelatihan dan pengembangan orang, merekrut manajer, ide kreatif, membangun paket produk khusus, dan kantor perwakilan perusahaan. Didalam sisi eksternal untuk menghasilkan engagement yang baik di media sosial, khususnya Instagram, dilakukan kampanye media sosial untuk meningkatkan traffic di situs web dan juga Instagram dari VK Organizer.