Wedding Organizer adalah perusahaan jasa yang tumbuh seiring dengan perubahan
gaya hidup masyarakat. Dalam industri pernikahan, reputasi yang baik dan
kepercayaan publik merupakan faktor kunci untuk menarik pelanggan. Untuk
meningkatkan reputasi diperlukan komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penyebab internal dan eksternal VK Organizer terkait
dengan kinerja pemasaran digital. VK Event Organizer memiliki masalah mengenai
kurangnya keterlibatan pelanggan di jejaring sosial, terutama Instagram. Untuk
menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis segmentasi,
targeting dan positioning (STP) dan VRIO pada analisis internal, analisis PEST,
analisis pesaing untuk eksternal. Setelah memahami akar permasalahan, penulis
mencari solusi dengan menggunakan analisis SWOT dan analisis TOWS. Berdasarkan
analisis TOWS dan mengacu pada hasil Fishbone analisis penulis memberikan solusi
untuk internal perusahaan seperti pelatihan dan pengembangan orang, merekrut
manajer, ide kreatif, membangun paket produk khusus, dan kantor perwakilan
perusahaan. Didalam sisi eksternal untuk menghasilkan engagement yang baik di
media sosial, khususnya Instagram, dilakukan kampanye media sosial untuk
meningkatkan traffic di situs web dan juga Instagram dari VK Organizer.