Article Details

USULAN STRATEGI UNTUK VK ORGANIZER DALAM UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

Oleh   Viki Kurniadi [29120001]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nila Armelia Windasari, S.A., MBA, Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Customer engagement, Wedding Organizer, Media sosial, Instagram, SWOT, TOWS
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 22 Jun 2022

Wedding Organizer adalah perusahaan jasa yang tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Dalam industri pernikahan, reputasi yang baik dan kepercayaan publik merupakan faktor kunci untuk menarik pelanggan. Untuk meningkatkan reputasi diperlukan komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab internal dan eksternal VK Organizer terkait dengan kinerja pemasaran digital. VK Event Organizer memiliki masalah mengenai kurangnya keterlibatan pelanggan di jejaring sosial, terutama Instagram. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis segmentasi, targeting dan positioning (STP) dan VRIO pada analisis internal, analisis PEST, analisis pesaing untuk eksternal. Setelah memahami akar permasalahan, penulis mencari solusi dengan menggunakan analisis SWOT dan analisis TOWS. Berdasarkan analisis TOWS dan mengacu pada hasil Fishbone analisis penulis memberikan solusi untuk internal perusahaan seperti pelatihan dan pengembangan orang, merekrut manajer, ide kreatif, membangun paket produk khusus, dan kantor perwakilan perusahaan. Didalam sisi eksternal untuk menghasilkan engagement yang baik di media sosial, khususnya Instagram, dilakukan kampanye media sosial untuk meningkatkan traffic di situs web dan juga Instagram dari VK Organizer.