digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini mobil tidak lagi dipandang sebagai barang mewah melainkan sebagai kebutuhan. Sejalan dengan perkembangan dari industri mobil Indonesia, perilaku konsumen pun ikut berubah. Sekarang, kebanyakan konsumen di kota besar memilih untuk mencari mobil untuk dibeli melalui platform online daripada mendatangi dealer offline secara langsung. Dealer-dealer mobil harus mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen ini atau bangkrut. Penelitian ini akan mempelajari Father & Son’s Auto, sebuah dealer mobil yang memfokuskan pemasarannya melalui platform online. Father & Son’s Auto dihadapi dengan banyak masalah didepannya, namun masalah utamanya adalah penjualan dan keuntungan yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efisien untuk membantu memecahkan masalah Father & Son’s Auto. Penelitian ini menggunakan metode pemecahan masalah yang dimulai dengan mengeksplorasi isu bisnis, lalu analisis kompetitor, internal, eksternal, SWOT dan root cause. Dari analisis root cause menggunakan diagram tulang ikan atau diagram Ishikawa, diindikasikan bahwa akar permasalahannya adalah kurangnya pemahaman dalam keputusan pembelian konsumen. Penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara elemen harga, presentasi produk, dan review online terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil dari kuesioner yang disebar kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari analisis kuantitatif adalah, semua faktor hipotesis memiliki hubungan positif dengan keputusan pembelian konsumen. Pengaruh dari semua faktor terhadap keputusan pembelian kecuali elemen harga signifikan. Solusi berdasarkan hasil tersebut kemudian dirumuskan. Solusi tersebut adalah, mengembangkan dan mengintegrasi sosial media Father & Son’s, pengembangan dalam platform khusus jual-beli mobil, mengembangkan aktifitas bisnis selain dealer. Setelah itu semua solusi tersebut dianalisis dan rencana pelaksanaan dibuat dengan biaya sebesar Rp. 11.500.000,- dan berperiode mulai dari Juli sampai Oktober 2022. Keywords: Dealer Mobil, Dealer Mobil Online, Strategi Pemasaran Efisien, Keputusan Pembelian