Article Details

FINANCIAL PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPANY PT. INDUSTRY JAMU AND SIDO MUNCUL TBK. IN 2017-2021 USING FINANCIAL RATIO

Oleh   Muhammad Rendy Wildani [19018115]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Tuntun Salamatun Zen, S.E., Ak., M.Si.;Annisa Rahmani Qastharin, S.T., M.Sc.;Dr. Raden Aswin Rahadi, S.T., MBA;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Analisis Rasio, Laporan Keuangan, Analisis Rasio Keuangan, Rasio Standar, PT. Industri Jamu dan Sido Muncul, Tbk.
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 22 Jun 2022

PT. Industry Jamu dan Sido Muncul, Tbk. didirikan pada tahun 1951 dengan perusahaan sederhana yang bernama Sido Muncul dengan artian “Impian yang Terwujud” di Jalan Mlaten Trenggulun, Semarang. Sido Muncul memiliki produk unggulan di antara lain adalah Tolak Angin, Tolak Linu, Kuku Bima Energi, Alang Sari Plus, Kopi Jahe Sido Muncul, Kuku Bima Kopi Ginseng, Susu Jahe, Jamu Komplit, dan Kunyit Asam. Kemudian pada tahun 2013, Sido Muncul melakukan IPO pertamanya di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham “SIDO”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan Sido Muncul pada tahun 2017 sampai tahun 2021, dengan menggunakan aspek penilaian Finansial Rasio Analisis. Variabel yang meliputi adalah (Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Receivable Turnover, Inventory Turnover, Fixed Asset Turnover, Total Asset Turnover, Return on Asset, Return on Equity). Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan aspek penilaian Finansial Rasio didapatkan bahwa kinerja keuangan selama tahun periode 2017-2021 itu terbilang cukup sehat, karena memenuhi nilai dari standard ratio industri. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Analisis Rasio, Laporan Keuangan, Analisis Rasio Keuangan, Rasio Standar, PT. Industri Jamu dan Sido Muncul, Tbk.