digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Aprianto
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Buku pengayaan adalah buku pendamping buku pelajaran di sekolah yang dapat peserta didik gunakan. Cakupan materi pada buku pengayaan lebih luas dibandingkan buku pelajaran pada umumnya. Matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit. Salah satu strategi yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa adalah dengan mengajarkan peserta didik melalui pendekatan etnomatematika. Memadukan antara pendekatan etnomatematika dan penggunaan buku pengayaan matematika dapat menjadi salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Proyek ini bertujuan untuk menganalisis grup ornamen yang terkandung pada motif batik sasambo dan menghasilkan buku pengayaan matematika materi transformasi geometri berbasis etnomatematika dalam batik sasambo yang layak untuk digunakan peserta didik. Berdasarkan analisis terhadap tujuh motif batik sasambo, diperoleh bahwa motif batik tersebut teridentifikasi hanya memuat grup frieze dan grup wallpaper. Adapun tipe dari masing-masing grup yang teridentifikasi yaitu ????1 dan ????11 untuk grup frieze, serta ????111, ????2????????, dan ????4???????? untuk grup wallpaper. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan buku ini adalah model ADDIE. ADDIE merupakan akronim dari tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam pengembangan buku pengayaan. Terdapat 5 tahapan pada pengembangan buku, yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Aspek yang dinilai dalam tahap validasi dan uji coba adalah aspek materi, aspek bahasa, aspek sajian, dan aspek grafika. Validasi dilakukan oleh seorang ahli materi, seorang ahli media, seorang guru matematika, dan 30 orang peserta didik sebagai peserta uji coba. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media,dan guru matematika menunjukkan bahwa persentase nilai rata-ratanya berturut turut adalah 72% , 81%, dan 81% sehingga buku dianggap layak untuk digunakan. Hasil uji coba dengan peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87%, sehingga buku masuk dalam kategori sangat baik menurut peserta didik. Oleh karena itu, buku pengayaan matematika materi transformasi geometri berbasis etnomatematika dalam batik sasambo telah layak digunakan.