Article Details

FRAMEWORK DILEMMA KOLABORASI DALAM JASA AKOMODASI PEER-TO-PEER: STUDI PERILAKU WISATAWAN DI BANDUNG, YOGYAKARTA, DAN BALI

Oleh   Fiddini Hanifah Syauqina [29017005]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Pri Hermawan, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : sharing economy, akomodasi peer-to-peer, intensi masa depan, dilemma percaya, pariwisata, airbnb
Sumber :
Staf Input/Edit : Neng Kartika  
File : 6 file
Tanggal Input : 10 Mei 2022

Layanan berbasis web serta aplikasi peer-to-peer (P2P) menciptakan pasar perhotelan, sehingga orang biasa dapat menyewa kamar mereka (kamar tidur cadangan) atau properti kosong untuk orang lain (teman sebaya) yang membutuhkan tempat tinggal. Layanan melalui akomodasi P2P, tentu saja, berbeda dari hotel, menghasilkan harapan dan evaluasi layanan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dari perspektif wisatawan lokal dan asing dan untuk memberikan pemahaman tentang keunikan akomodasi peer-to-peer (P2P) di beberapa tujuan wisata di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, yang menggunakan teknik purposive sampling. Data akan dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dengan total sampel 208 wisatawan lokal dan asing yang merupakan pengguna aplikasi Airbnb dan memilih Bandung, Yogyakarta, atau Bali sebagai tujuan mereka. Structural Equation Modeling (SEM) akan dilakukan untuk menganalisa data sedangkan perangkat lunak yang akan digunakan adalah AMOS Indeks kecocokan dari model yang diusulkan menunjukkan kecocokan yang baik. Dalam penelitian ini ada 8 hipotesis dan diterima semuanya. Hasil temuan juga menunjukkan beberapa implikasi manajerial. Temuan ini dapat memberikan para peneliti dan praktisi ikhtisar perilaku pasar untuk model bisnis akomodasi P2P yang berkembang seiring dengan perkembangan industri pariwisata di Indonesia. Penelitian juga mengakomodasi keterbatasan penelitian sebelumnya tentang perbedaan antara beberapa tujuan wisata.