digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, persaingan yang sengit dan perubahan pasar yang semakin sulit untuk diprediksi telah memaksa setiap perusahaan untuk membuat keputusan dengan cepat dan akurat. Hal ini membutuhkan pemahaman terhadap indikator pemimpin dari kinerja perusahaan, agar para manajer dapat mengevaluasi dengan cepat sebuah strategi, baik itu yang sedang dilaksanakan maupun yang akan diimplementasikan di masa mendatang; yang menjadi penting karena hal ini akan bisa memberikan para manajer tersebut pengetahuan agar dapat mengatur sebuah keputusan dengan lebih tepat, akurat, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Studi ini mengajukan dua indikator baru sebagai indikator pemimpin dari kinerja perusahaan, yaitu reach atau ‘jangkauan’ dari sebuah iklan dan ‘likes’ dari suatu program endorsement; dan juga memanfaatkan kombinasi terbaik dari elemenelemen marketing-mix untuk menghasilkan profit terbesar untuk perusahaan tersebut, dengan profit sebagai indikator dampak dari kinerja perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan dinamika sistem dan algoritme genetik untuk menghasilkan profit yang paling tinngi dari perusahaan, studi ini akan mengambil dan memanfaatkan indikator pemimpin dan indikator dampak yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari sebuah perusahaan. Studi ini menggunakan data dari sebuah perusahaan fesyen kecil di Bandung, Indonesia. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa semakin besar tingkat efektivitas dari program iklan dan endorsement, semakin banyak juga keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan dalam bentuk Jumlah Penjualan dan Jumlah Pelanggan; sementara semakin besar jumlah reach atau ‘jangkauan’, dan ‘likes’ dari programprogram tersebut akan menghasilkan semakin banyaknya calon pelanggan yang mengetahui eksistensi dari brand itu sendiri. Kata