Article Details

AN OPTIMIZED SYSTEM DYNAMICS MODEL WITH A COMBINATION OF LAGGING AND LEADING INDICATORS: AN INITIAL STUDY AT A LOCAL FASHION BRAND IN INDONESIA

Oleh   Rifa Intania [29016023]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prof. Reza Ashari Nasution, Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Dinamika Sistem, Algoritme Genetik, Sistem Pengukuran Kinerja, Indikator Pendorong, Indikator Dampak.
Sumber :
Staf Input/Edit : Neng Kartika  
File : 7 file
Tanggal Input : 10 Mei 2022

Saat ini, persaingan yang sengit dan perubahan pasar yang semakin sulit untuk diprediksi telah memaksa setiap perusahaan untuk membuat keputusan dengan cepat dan akurat. Hal ini membutuhkan pemahaman terhadap indikator pemimpin dari kinerja perusahaan, agar para manajer dapat mengevaluasi dengan cepat sebuah strategi, baik itu yang sedang dilaksanakan maupun yang akan diimplementasikan di masa mendatang; yang menjadi penting karena hal ini akan bisa memberikan para manajer tersebut pengetahuan agar dapat mengatur sebuah keputusan dengan lebih tepat, akurat, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Studi ini mengajukan dua indikator baru sebagai indikator pemimpin dari kinerja perusahaan, yaitu reach atau ‘jangkauan’ dari sebuah iklan dan ‘likes’ dari suatu program endorsement; dan juga memanfaatkan kombinasi terbaik dari elemenelemen marketing-mix untuk menghasilkan profit terbesar untuk perusahaan tersebut, dengan profit sebagai indikator dampak dari kinerja perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan dinamika sistem dan algoritme genetik untuk menghasilkan profit yang paling tinngi dari perusahaan, studi ini akan mengambil dan memanfaatkan indikator pemimpin dan indikator dampak yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari sebuah perusahaan. Studi ini menggunakan data dari sebuah perusahaan fesyen kecil di Bandung, Indonesia. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa semakin besar tingkat efektivitas dari program iklan dan endorsement, semakin banyak juga keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan dalam bentuk Jumlah Penjualan dan Jumlah Pelanggan; sementara semakin besar jumlah reach atau ‘jangkauan’, dan ‘likes’ dari programprogram tersebut akan menghasilkan semakin banyaknya calon pelanggan yang mengetahui eksistensi dari brand itu sendiri. Kata