Article Details

PROSES KEWIRAUSAHAAN PENGUSAHA WANITA: BAGAIMANA MEREKA MENJADI PENGUSAHA SOSIAL

Oleh   Isnaini Ruhul Ummiroh [29016003]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prof. Wawan Dhewanto, S.T., M.Sc., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : proses kewirausahaan, pengusaha wanita, faktor motivasi, pengusaha sosial
Sumber :
Staf Input/Edit : Neng Kartika  
File : 5 file
Tanggal Input : 09 Mei 2022

Studi yang membahas kewirausahaan wanita dan kewirausahaan sosial dilakukan dalam penelitian ini karena fokus studi yang terbatas pada topik tersebut pada saat yang sama. Pertumbuhan munculnya kedua fenomena tersebut adalah alasan lain mengapa penelitian ini penting untuk dilakukan. Eksplorasi proses kewirausahaan dilakukan untuk (1) mengungkapkan motivasi mengapa wirausaha wanita menjadi wirausahawan sosial, (2) mengeksplorasi proses wirausaha dari pengusaha wanita dalam mendirikan dan menyeimbangkan aspek sosial dan ekonomi yang tertanam dalam usaha sosial. Studi ini melakukan studi eksplorasi menggunakan studi kasus ganda untuk membandingkan dan membedakan kasus-kasus dan untuk mendapatkan wawasan baru dan gambaran proses kewirausahaan wanita pengusaha. Ada delapan pengusaha wanita yang dipilih sebagai informan yang mewakili kasus-kasus yang berbeda. Wawancara semi-terstruktur dan analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Perempuan pengusaha menunjukkan faktor motivasi yang berbeda untuk menjadi pengusaha sosial, seperti internalisasi nilai, sifat perempuan, dan keberadaan panutan. Temuan menunjukkan bahwa ada pentingnya motivasi sosial intrinsik mereka yang memicu dan mendukung kegiatan wirausaha sosial mereka, yaitu nilai religiusitas dan kepuasan diri. Nilai-nilai ini menjadi landasan bagi motivasi mereka untuk terlibat dalam perjuangan yang terkait dengan menciptakan dan mempertahankan usaha sosial mereka masingmasing. Temuan ini juga menyoroti bahwa wanita pengusaha melakukan proses kewirausahaan karena alasan keberlanjutan. Mereka menyadari bahwa usaha sosial mereka harus berkelanjutan dalam hal ekonomi untuk memiliki dampak sosial yang berkelanjutan. Proses kewirausahaan pengusaha wanita dalam kewirausahaan sosial adalah tentang misi dan bagaimana mereka berjuang untuk mengejar dan mewujudkannya. Mereka belajar bagaimana menyeimbangkan kesempatan, misi, sumber daya, dan tim berdasarkan nilai-nilai untuk menciptakan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. Model tentatif dari proses kewirausahaan perempuan sebagai wirausaha sosial juga diusulkan dalam penelitian ini