Article Details

PENGARUH PANDEMI COVID–19 TERHADAP PERILAKU TIP KONSUMEN DARI LAYANAN TAKSI SEPEDA MOTOR ONLINE

Oleh   Aldila Choirun Nisa [29120075]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ana Noveria, S.E., MBA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Altruisme, Perilaku Ekonomi, Tip Pelanggan, Pandemi COVID–19, Ojek Online
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 09 Mei 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan pemberian tip kepada pengemudi oleh pelanggan pada masa pandemi COVID–19 dibandingkan sebelum pandemi, serta untuk mengetahui motif pelanggan dalam pemberian tip kepada driver selama masa COVID–19 pandemi. Sebagai bagian dari penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan jenis datanya adalah data primer. Teknik pengukuran skala menggunakan skala Likert dan skala Interval. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online melalui Google Forms. Respondennya adalah seluruh masyarakat Indonesia tanpa batasan latar belakang. Teknik analisis data menggunakan uji compare means dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan tip lebih banyak/lebih besar selama masa pandemi COVID–19 dibandingkan dengan jumlah tip yang mereka berikan sebelum pandemi. Hal ini menunjukkan bahwa tip pelanggan terhadap pengemudi ojek online telah berubah karena pandemi COVID–19. Berdasarkan persamaan regresi, variabel bebas yang terdiri dari penghargaan positif (X1), altruisme (X2), norma sosial (X3), dan penghargaan sosial (X4) adalah signifikan dan memiliki nilai positif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh secara parsial dan simultan dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap perubahan tip pelanggan (Y) sebesar 91,7%, sedangkan 8,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Dapat juga disimpulkan variabel independen mana yang paling berpengaruh terhadap perubahan tip pelanggan. Yaitu altruisme (X2), norma sosial (X3), penghargaan positif (X1), dan penghargaan sosial (X4). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sesuai dengan hubungan antara teori altruisme dan pandemi. Salah satu bukti teori tersebut adalah pengguna aplikasi ojek online lebih banyak memberikan tip kepada pengemudi di masa pandemi COVID–19 dibandingkan pada masa prapandemi. Meski di saat yang sama semua orang berjuang bersama–sama melawan dampak pandemi COVID–19, namun masih ada rasa empati terhadap manusia lain yang dirasa berada pada posisi yang lebih sulit. Bahkan jika dilihat dari segi ekonomi, memberikan tip kepada pengemudi, terutama di masa pandemi COVID–19, tidak memberikan timbal balik ekonomi.