digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Puji Rahmah Shalih
PUBLIC Alice Diniarti

Pahlawan merupakan istilah gelar yang diberikan salah satunya kepada seseorang yang berjasa atau tokoh teladan dalam suatu bidang. Seiring berjalannya waktu, berbagai generasi sudah terlewati sehingga pengertian pahlawan sendiri lambat laun menjadi sesuatu hal yang berubah, pahlawan pada masa lalu identik dengan perang atau seseorang yang berjasa bertarung di medan perang menggunakan senjata. Dengan munculnya teori generasi, generasi saat ini bisa disebut sebagai generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang lahir di tahun 1995-2010, generasi Z dikarakteristikan sebagai generasi yang tumbuh dekat dengan teknologi dari mulai mereka lahir. Interaksi antara media teknologi dengan generasi Z tersebut membawa banyak pergeseran dan kebaruan, salah satunya adalah media teknologi yang mampu menciptakan pahlawan-pahlawan baru yang mempengaruhi nilai dan gaya hidup generasi Z, tokoh pahlawan yang menjadi idola semakin berubah dan makna pahlawan mengalami pergeseran. Berdasarkan masalah diatas, penulis ingin membuat sebuah game untuk memperkenalkan dan mempelajari tokoh, profil dan jenis pahlawan pasca kemerdekaan untuk generasi Z. Game memiliki elemen-elemen penting yang tidak dimiliki oleh media lain yaitu elemen ?bermain? itu sendiri, berpura-pura, mempunyai tujuan dan aturan di dalamnya. Mobile game menjadi salah satu jenis game yang dipilih karena handphone sudah menjadi barang yang paling penting bagi banyak orang. Game ini bertujuan untuk memberikan pengertian sekaligus informasi mengenai pahlawan bagi generasi Z. Game akan dibuat menggunakan metode Player-Centric Game Design, metode ini dipilih berdasarkan prinsipnya yang menggunakan sudut pandang pemain untuk membuat game lebih menarik dalam pembuatannya. Pada hasil penelitian didapatkan tokoh yang dijadikan pahlawan bagi generasi Z diikuti dengan karir, kontribusi dan sifat yang menempel pada mereka salah satunya adalah karir kebaruan dalam media teknologi seperti content creator. Lalu hasil tersebut akan dibungkus dalam media berupa game.