digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Berlalu adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang penjualan makanan dan minuman. Berlalu belum berhasil mencapai target pendapatan yang ditetapkan oleh pemilik dari awal keberjalanannya. Hal ini mengakibatkan pengembangan usaha Berlalu dan usaha pengembalian modal kepada investor menjadi terhambat. Berlalu perlu memfokuskan perbaikan strategi di bidang pemasaran karena pemasaran berhubungan langsung dengan tingkat pendapatan. Selain itu, strategi lain yang telah dilakukan oleh Berlalu belum menghasilkan perubahan signifikan Berlalu saat ini belum memiliki strategi pemasaran yang proaktif. Studi literatur menunjukkan bahwa penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki strategi proaktif agar mampu mengakomodasi tujuan jangka panjang dari organisasi. Penetapan tahap pertumbuhan organisasi menjadi komponen penting dalam penciptaan strategi pemasaran sebab pemilik belum mengetahui kemampuan dan sumber daya yang dimiliki secara tepat. Pada tahap pertama, dilakukan identifikasi terhadap pertumbuhan organisasi dengan menggunakan Astro-ITB. Tahap pertumbuhan organisasi Berlalu saat ini berada pada tahap growth. Penetapan identifikasi strategi pemasaran eksisting dilakukan menggunakan analisis tematik. Strategi pemasaran yang diidentifikasi mencakup strategi pemasaran strategis, strategi pemasaran taktis, dan strategi diversifikasi Ansoff. Kemudian, dilakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran eksisting Berlalu menggunakan model Sari dan Andriani. Selanjutnya, dilakukan validasi untuk memastikan ketimpangan tersebut menggunakan model Arnold. Berdasarkan gap tersebut kemudian dikembangkan perbaikan berupa perbaikan strategi akusisi dan penciptaan strategi retensi pelanggan. Strategi tersebut meliputi perbaikan strategi penentuan harga, perbaikan pengelolaan sosial media, pembuatan customer database, dan pembagian kelompok pelanggan.