digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Wildan Al Fayakun
PUBLIC Dewi Supryati

Penelitian pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2021 ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat kepada usaha mikro Kota Sukabumi yang terkena dampak pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan dengan pengadaan pelatihan pemasaran daring bagi usaha mikro Kota Sukabumi terpilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi pemasaran daring, mengevaluasi pelatihan dengan model Kirkpatrick tingkat reaksi dan pembelajaran, serta membandingkan perbedaan kompetensi pelaku usaha mikro Kota Sukabumi dari setiap sesi pelatihan. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan eksperimen kuasi dengan tipe desain seri waktu dasar. Sampel penelitian berjumlah 16 pelaku usaha mikro Kota Sukabumi sebagai kelompok eksperimen. Kemudian, pengumpulan data memanfaatkan tes yang disusun berdasarkan objektif pembelajaran dan dibagikan sebanyak tiga seri waktu. Dengan demikian, didapatkan hasil penelitian berupa 31 kompetensi pemasaran daring. Selain itu, dilakukan evaluasi pelatihan dengan model Kirkpatrick pada dua tingkatan, yaitu tingkat reaksi dan pembelajaran. Pada evaluasi tingkat reaksi, pelaku usaha mikro Kota Sukabumi menunjukkan reaksi positif atas materi, metode, dan instruktur pelatihan. Pada tingkat pembelajaran, diperoleh nilai kompetensi dengan median sebesar 29,330 pada tes awal pelatihan, 40,845 pada tes pelatihan sesi I, dan 43,155 pada tes pelatihan sesi II. Terakhir, penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai tes awal dengan tes pelatihan sesi I serta tes pelatihan sesi I dengan tes pelatihan sesi II. Hal ini dibuktikan secara statistik menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Wilcoxon signed rank test. Kata kunci: