digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 7 Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Hindawan Hariowibowo
PUBLIC Alice Diniarti

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode deteksi dan pencegahan pilot-induced oscillation (PIO) dengan menggunakan data pesawat tempur eksperimental, FXX. Kejadian PIO dalam kualitas pengendalian pesawat harus dihindari karena dapat menyebabkan kecelakaan yang katastropik. Pada tahap awal perancangan hukum kendali terbang, kemunculan PIO sulit diprediksi dan biasanya PIO baru muncul pada fase uji terbang. Metode deteksi PIO yang dikembangkan berdasarkan domain waktu dengan menyediakan parameter-PIO yang digunakan untuk metode pencegahan PIO. Metode pencegahan PIO dikembangkan dengan menyediakan PIO-Warning untuk pilot dan PIO-Recovery untuk pesawat. Pengembangan metode ini dilakukan dengan analisis numerik menggunakan model pilot dan dengan eksperimen dengan memanfaatkan pilot uji pada simulator-kualitas-pengendalian dengan teknik uji kualitas-pengendalian-lingkar-tertutup. Metode uji sensitivitas PIO juga telah dikembangkan dan dilakukan pada awalnya untuk mendapatkan karakter hukum kendali FXX serta untuk mengevaluasi PIO dan kualitas penanganan FXX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sensitivitas PIO ditemukan berguna untuk digunakan untuk mengevaluasi hukum kendali FXX. Metode deteksi dan pencegahan PIO yang dikembangkan juga ditemukan berhasil mendeteksi dan mencegah PIO selama pengujian dengan analisis numerik dan eksperimen dalam simulator-kualitas-pengendalian.