2022 TS PP RABIN SONATA CARLO MUNTHE 1.pdf?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2022 TS PP Rabin Sonata Carlo Munthe BAB I.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2022 TS PP Rabin Sonata Carlo Munthe BAB II.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2022 TS PP Rabin Sonata Carlo Munthe BAB III.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2022 TS PP Rabin Sonata Carlo Munthe BAB IV.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2022 TS PP Rabin Sonata Carlo Munthe BAB V.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos PUSTAKA Rabin Sonata Carlo Munthe
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Di era industri 4.0 saat ini, digitalisasi menjadi suatu hal yang penting dan berguna bagi
banyak orang. Tantangan dan peluang yang ada terhadap digitalisasi, otomatisasi, dan
kecerdasan buatan melalui media, menjadi menarik untuk diteliti. Dalam upaya pemulihan
pasca covid-19, pada industri pariwisata perlu dilakukan promosi secara masif seperti
program pemerintah. Promosi secara digital perlu dilakukan pada objek wisata yang sulit
untuk mengimplementasikan media konvensional seperti kawasan konservasi hutan
mangrove. Pemilihan media smartphone dan augmented reality dipilih karena memberikan
kemudahan dan keefektifan dalam berpromosi.
Penelitian yang di lakukan di kawasan ekowisata hutan mangrove Balikpapan memiliki
tujuan untuk merancang suatu konsep dan strategi promosi dengan memanfaatkan media
digital seperti website dan aplikasi android berbasis AR. Website digunakan sebagai hub
untuk memudahkan pencarian terhadap destinasi yang ada di Balikpapan khususnya hutan
mangrove. Aplikasi AR membantu dalam mempromosikan sekaligus memberikan
pengalaman immersive kepada khalayak sasaran usia dewasa muda usia 18-35 tahun.
Proses penelitian menggunakan kerangka perancangan design thinking, yang terdiri dari
emphatize, define, ideate, prototyping, dan user testing. Pada kegiatan promosi peneliti
menggunakan tahapan AISAS untuk memperkenalkan hutan mangrove center Balikpapan
kepada khalayak sasaran. Dalam menguji hasil rancangan prototype peneliti menggunakan
metode usability testing dengan mix method yaitu kualitatif dan kuantitaif.
Penelitian ini memberikan sumbangsih kepada ilmu pengetahuan terkait strategi promosi
menggunakan media digital berbasis augmented reality. Dengan memanfaatkan website dan
aplikasi AR membantu mengurangi jumlah media konvensional yang dipasang pada objek
wisata dan juga menarik perhatian khalayak sasaran dengan media interaktif. Sehingga
dengan begitu dapat memberikan kontribusi dalam upaya mempromosikan destinasi wisata
Balikpapan dan memenuhi program pemerintah untuk mencapai target nasional dalam
menumbuhkembangkan pariwisata di Indonesia dengan media digital.