digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era industri 4.0 saat ini, digitalisasi menjadi suatu hal yang penting dan berguna bagi banyak orang. Tantangan dan peluang yang ada terhadap digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan melalui media, menjadi menarik untuk diteliti. Dalam upaya pemulihan pasca covid-19, pada industri pariwisata perlu dilakukan promosi secara masif seperti program pemerintah. Promosi secara digital perlu dilakukan pada objek wisata yang sulit untuk mengimplementasikan media konvensional seperti kawasan konservasi hutan mangrove. Pemilihan media smartphone dan augmented reality dipilih karena memberikan kemudahan dan keefektifan dalam berpromosi. Penelitian yang di lakukan di kawasan ekowisata hutan mangrove Balikpapan memiliki tujuan untuk merancang suatu konsep dan strategi promosi dengan memanfaatkan media digital seperti website dan aplikasi android berbasis AR. Website digunakan sebagai hub untuk memudahkan pencarian terhadap destinasi yang ada di Balikpapan khususnya hutan mangrove. Aplikasi AR membantu dalam mempromosikan sekaligus memberikan pengalaman immersive kepada khalayak sasaran usia dewasa muda usia 18-35 tahun. Proses penelitian menggunakan kerangka perancangan design thinking, yang terdiri dari emphatize, define, ideate, prototyping, dan user testing. Pada kegiatan promosi peneliti menggunakan tahapan AISAS untuk memperkenalkan hutan mangrove center Balikpapan kepada khalayak sasaran. Dalam menguji hasil rancangan prototype peneliti menggunakan metode usability testing dengan mix method yaitu kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini memberikan sumbangsih kepada ilmu pengetahuan terkait strategi promosi menggunakan media digital berbasis augmented reality. Dengan memanfaatkan website dan aplikasi AR membantu mengurangi jumlah media konvensional yang dipasang pada objek wisata dan juga menarik perhatian khalayak sasaran dengan media interaktif. Sehingga dengan begitu dapat memberikan kontribusi dalam upaya mempromosikan destinasi wisata Balikpapan dan memenuhi program pemerintah untuk mencapai target nasional dalam menumbuhkembangkan pariwisata di Indonesia dengan media digital.