digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nadhira Aulia Raisya
PUBLIC Taupik Abidin

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak pandemi COVID-19. Salah satu sektor penting yang terkena dampak pandemi adalah sektor pendidikan, oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan media sosial. Kemudahan dalam mengakses media sosial dan penggunaan teknologi informasi menyebabkan para mahasiswa dapat melakukan komunikasi dengan lebih mudah. Hal ini juga membuat mahasiswa membentuk kelompok belajar secara virtual yang berguna untuk membantu para mahasiswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial dan teknologi informasi terhadap keterlibatan mahasiswa generasi Z pada masa pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Teknik pengambilan sampe penelitian menggunakan kuota sampel sebanyak 569 mahasiswa angkatan 2017/2018 – angkatan 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS sebagai alat bantu dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media sosial dan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan mahasiswa generasi Z selama masa pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial dan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan mahasiswa dengan persentase sebesar 21,7% dan sebanyak 78,3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar dari penelitian ini. Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini dapat dikatakan bermanfaat bagi perguruan tinggi dan mahasiswa untuk memaksimalkan penggunaan media sosial dan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu penelitian Ini juga dapat memberikan cara yang baik untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajara