digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP LUH TASSYA NINDYAPRATAMA 1.pdf)u
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Sampah plastik masih menjadi salah satu masalah utama bagi lingkungan di Indonesia. Lemahnya sistem pengelolaan sampah plastik di Indonesia serta melonjaknya penggunaan plastik sebagai pengemas berbagai produk menyebabkan angka produksi sampah plastik yang fantastis setiap harinya. Berdasarkan penelitian, mayoritas sampah plastik berasal dari lingkungan rumah tangga yang sebagian besar berakhir untuk dibiarkan mengurai dengan sendirinya di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Pemilahan sampah plastik dengan sampah lainnya dinilai sebagai solusi yang paling layak, namun saat ini pengelolaan sampah plastik adalah masalah yang rumit, dimana di Indonesia hal ini belum dikenal betul oleh masyarakat. Hasil studi menunjukkan bahwa informasi yang diketahui oleh generasi Z di kalangan usia 18-22 tahun mengenai proses penguraian sampah plastik di Indonesia masih sangat minim. Padahal, informasi mengenai penguraian sampah plastik ini akan sangat penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan rumah tangga mereka kedepannya, untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai penguraian sampah plastik dalam bentuk permainan game yang menarik untuk kalangan usia 18-22 tahun. Metode perancangan yang digunakan dalam perancangan game mengacu pada konsep DDE Framework, yang memiliki fokus terhadap pengalaman bermain yang didapat pemain. Penelitian ini menghasilkan hasil akhir perancangan berupa konsep desain dan prototype awal dari adventure game berbasis 2D dengan platform android yang diberi nama Step In. Adventure game merupakan genre game yang telah banyak dipakai sebagai media edukasi serta pengenalan sejarah yang efektif, namun masih sedikit yang mengangkat topik penguraian sampah plastik. Nilai serta pengalaman bermain yang diberikan dalam game ini adalah informasi mengenai lama waktu penguraian dari berbagai jenis sampah plastik, pengalaman menguraikannya dengan sinar UV, dan dampak yang diterima oleh lingkungan akibat sampah plastik, yang dikemas dalam mekanisme action adventure. Diharapkan dengan perancangan media adventure game ini dapat menyampaikan wawasan mengenai penguraian sampah plastik yang dapat mendukung upaya dalam pengelolaan sampah plastik yang lebih baik bagi Indonesia kedepannya.