Sampah plastik masih menjadi salah satu masalah utama bagi lingkungan di Indonesia.
Lemahnya sistem pengelolaan sampah plastik di Indonesia serta melonjaknya penggunaan
plastik sebagai pengemas berbagai produk menyebabkan angka produksi sampah plastik
yang fantastis setiap harinya. Berdasarkan penelitian, mayoritas sampah plastik berasal dari
lingkungan rumah tangga yang sebagian besar berakhir untuk dibiarkan mengurai dengan
sendirinya di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Pemilahan sampah plastik dengan sampah
lainnya dinilai sebagai solusi yang paling layak, namun saat ini pengelolaan sampah plastik
adalah masalah yang rumit, dimana di Indonesia hal ini belum dikenal betul oleh
masyarakat. Hasil studi menunjukkan bahwa informasi yang diketahui oleh generasi Z di
kalangan usia 18-22 tahun mengenai proses penguraian sampah plastik di Indonesia masih
sangat minim. Padahal, informasi mengenai penguraian sampah plastik ini akan sangat
penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan rumah tangga mereka kedepannya,
untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan di masa mendatang. Penelitian ini
bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai penguraian sampah plastik dalam
bentuk permainan game yang menarik untuk kalangan usia 18-22 tahun. Metode
perancangan yang digunakan dalam perancangan game mengacu pada konsep DDE
Framework, yang memiliki fokus terhadap pengalaman bermain yang didapat pemain.
Penelitian ini menghasilkan hasil akhir perancangan berupa konsep desain dan prototype
awal dari adventure game berbasis 2D dengan platform android yang diberi nama Step In.
Adventure game merupakan genre game yang telah banyak dipakai sebagai media edukasi
serta pengenalan sejarah yang efektif, namun masih sedikit yang mengangkat topik
penguraian sampah plastik. Nilai serta pengalaman bermain yang diberikan dalam game
ini adalah informasi mengenai lama waktu penguraian dari berbagai jenis sampah plastik,
pengalaman menguraikannya dengan sinar UV, dan dampak yang diterima oleh lingkungan
akibat sampah plastik, yang dikemas dalam mekanisme action adventure. Diharapkan
dengan perancangan media adventure game ini dapat menyampaikan wawasan mengenai
penguraian sampah plastik yang dapat mendukung upaya dalam pengelolaan sampah
plastik yang lebih baik bagi Indonesia kedepannya.