digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP ANNA JIHAD FATIHAH 1.pdf)u
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Gangguan Panik (Panic Disorder) adalah kecemasan yang ditandai dengan serangan panik (panic attack) berulang, yaitu episode ketakutan intens yang terjadi secara tiba-tiba hingga memicu reaksi fisik yang parah ketika tidak ada bahaya nyata atau penyebab yang jelas. Serangan panik bisa sangat menakutkan sehingga penderita berpikir telah kehilangan kendali atas dirinya, mengalami serangan jantung, merasa sekarat dan takut akan mati. Jika tidak tertangani, hal ini berpotensi menimbulkan masalah yang lebih kompleks dan menetap di kemudian hari. Panic Disorder sering didiagnosis pada generasi muda yang diawali pada usia 18-25 tahun sebagai kelompok usia produktif. Kebanyakan dari penderita Panic Disorder tidak tahu apa yang harus mereka lakukan ketika serangan panik terjadi dengan karakteristik kesulitan untuk rileks dan fokus. Padahal sebenarnya kemampuan ini dapat dilatih melalui pelatihan teknik pernapasan Power Breathing yang digunakan pada metode terapi CART (Capnometry-Assisted Respiratory Training) untuk meredakan kondisi hiperventilasi yang menjadi penyebab utama timbulnya gejala serangan panik sehingga tubuh dapat beralih ke mode parasimpatik. Tujuan penelitian perancangan ini adalah untuk menghasilkan aplikasi EEG-based VR Game yang dapat melatih kemampuan relaksasi dan fokus pengguna dengan memanfaatkan teknologi VR, EEG (Electroencephalography) dan game. Perancangan ini menggunakan metode Human-Centred Design (HCD) untuk Virtual Reality (VR) melalui proses Inspire (Explore, Empathize, Understand), Ideate (Research, Prototype, Collaborate), dan Implement (Test, Build, Evaluate). Human-Centred Design (HCD) memerlukan pendekatan empati yang sangat kuat dan sangat berfokus pada keadaan psikologi dan persepsi pengguna. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi EEG-based VR game layak digunakan sebagai media support terapi untuk membantu meningkatkan kemampuan relaksasi selama sesi latihan pernapasan jika dilakukan dengan baik dan benar serta dapat melatih fokus pengguna selama bermain game.