Bengkel Astra Daihatsu Cibereum merupakan bengkel resmi dari PT Astra Daihatsu yang
bergerak di bidang jasa service. Bengkel Astra Daihatsu Cibereum terletak di Kota Bandung,
Jawa Barat, Indonesia. Pada tahun 2021, bengkel Astra Daihatsu Cibereum mengalami
penurunan pelanggan loyal. Hal ini berhubungan dengan menurunnya tingkat kepuasan dari
pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Faktor Covid 19 juga menjadi salah satu pengaruh
dari penurunan tingkat customer loyal. Bengkel Astra Dahihatsu Cibereum perlu mengambil
tindakan berupa business strategy untuk mengembalikan tingkat kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan
bisnis ini dan menyarankan rekomendasi strategi untuk tahun yang akan datang. Dalam analisis
permasalahan dilakukan analisis internal dan analisis external. Pada analisis external peneliti
akan menggunakan kerangka PEST yang akan menunjukan kondisi perusahaan sekarang dari
sisi external. Pada eksternal analisis ini juga dilakukan interview terhadap pelanggan untuk
mendapatkan informasi tentang ekspetasi dari pelanggan terhadap bengkel Astra Daihatsu
Cibereum. Dilakukan juga analisis terhadap beberapa compertitor untuk mencari tahu
kelebihan dan kekurangan dari perusahaan. Setelah analisis external, dilakukan analisis internal
menggunakan VRIO, STP dan marketing mix 7P untuk mengetahui capabilitas dan kondisi
internal perusahaan saat ini. Berdasarkan analisis eksternal dan internal, bengkel Astra Daihatsu
Cibereum menghadapi banyak tantangan dari eksternal perusahaan maupun dari internal
perusahaan.
Berdasarkan analisis SWOT dan TOWS yang menganalisis dari segi kekuatan, kelemahan,
kesempatan, dan ancaman. Dalam analisis SWOT dapat membantu peneliti untuk mengatahui
kekurangan, kekuatan, kesempatan dan ancaman yang dialami bengkel Astra Daihatsu
Cibereum. Dilakukan analisis TOWS untuk dijadikan acuan bagi peneliti untuk melakukan
penyusunan strategi baru yang akan diusulkan pada bengkel Astra Daihatsu Cibereum.