digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri tekstil penting bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Penelitian ini akan menganalisa tentang perusahan produksi pakaian dalam skala kecil yang akan ditulis sebagai perusahaan produksi pakaian. Selain memproduksi pakaian di pabrik nya sendiri Cloth Lab juga bermitra dengan perusahaan produksi pakaian lainnya untuk memenuhi pesanan dari pelanggan Cloth Lab. Cloth Lab kesulitan untuk memantau kualitas dan ketepatan waktu setiap produksi dari produk yang dikerjakan oleh mitra. Pelanggan umumnya mengeluh tentang produk yang ditolak atau pengiriman yang terlambat. Cloth Lab memiliki berbagai masalah dan kesulitan yang akan dijawab dalam penelitian ini. (1) Apa kebutuhan paling penting untuk pelanggan? (2) Bagaimana Cloth Lab menggunakan model bisnis baru untuk mengatasi masalah? (3) Bagaimana Cloth Lab menjalankan rencananya? Wawancara digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian ini. Penulis mewawancarai pelanggan, perusahaan produksi pakaian, dan pakar industry. Penelitian ini akan melihat permasalahan perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Analisis internal menggunakan kerangka kerja VRIO dan Value Chain Analysis. Analisis eksternal menggunakan Porter Five Forces dan PEST. Data akan digunakan untuk mengembangkan SWOT dan Root Cause Analysis menggunakan Mind Map. Penelitian ini menggunakan Analisa Value Proposition, Business Model Archetypes, dan Business Model Canvas untuk membantu Cloth Lab mengembangkan solusi untuk masalah bisnis mereka. Inovasi model bisnis yang diusulkan divalidasi oleh pelanggan dengan wawancara konfirmasi dan menggunakan Javelin Experimental Board Penelitian ini menemukan bahwa pelanggan perlu mengetahui informasi rinci dari Produksi Pakaian, dan pelanggan ingin dapat memilih perusahaan produksi pakaian yang paling sesuai untuk mereka. Selain itu, pelanggan ingin memantau proses produksi produk pakaian mereka dan jaminan pembayaran dari produk yang dipesan. Karena itu, Model bisnis baru yang diusulkan Cloth Lab adalah platform marketplace menghubungkan pelanggan dengan perusahaan produksi pakaian. Proses pengembangan produk Cloth Lab Marketplace dimulai dengan mengumpulkan persyaratan dan membuat gambar rangka. Cloth Lab akan mulai menguji produk dengan pengembang setelah proses pengembangan selesai. Cloth Lab Marketplace siap untuk peluncuran beta setelah pengujian. Produk akan dirilis sebagai Minimum Viable Product (MVP) untuk penggunaan umum.